Jawa Pos

Musim MotoGP Dimulai

-

SEPANG, Jawa Pos – Melihat sepintas bentuk sayap depan motor RS-GP 2020 milik Aprilia, kesan yang langsung muncul adalah aerodinami­ka mobil F1. Ya, motor

MotoGP tim pabrikan

Italia itu mengalami revolusi besar-besaran musim ini. Ketika merujuk pada kemiripann­ya dengan mobil jet darat, fans MotoGP bakal memastikan bahwa perubahan tersebut adalah karya eks insinyur Ferrari Massimo Rivola yang bergabung dengan Aprilia pada akhir 2018.

Tahun ini Aprilia seperti mengikuti jejak Ducati yang sangat berfokus pada sisi aerodinami­ka. Bentuk sayap yang melebar, lalu setiap ujungnya yang melengkung ke atas diharapkan bisa menghasilk­an downforce maksimal saat akan memasuki dan keluar tikungan. Paket aerodinami­ka tersebut merupakan hasil kerja departemen balap Aprilia yang baru saja melakukan rekrutmen besar-besaran dengan menggaet banyak insinyur dari Suzuki, Ducati, Lamborghin­i, BMW, bahkan Ferrari.

Namun, itu baru sekelumit perubahan dari Aprilia. Pada sisi mesin, mereka juga menyusul jejak Ducati dan Honda. Mesin V4 mereka kini memiliki kemiringan 90 derajat. Sebelumnya lebih sempit. Itulah salah satu langkah untuk menambah power mesin secara signifikan.

Aprilia melansir foto-foto motor baru mereka kepada media kemarin. Seiring tim kontestan MotoGP yang mulai menggeber mesin untuk membuka musim 2020 dengan turun pada shakedown test di Sirkuit Sepang, Malaysia, kemarin (2/2). Sayangnya, yang debutnya dinanti-nanti, Jorge Lorenzo, tidak jadi tampil pada hari pertama. Dia baru tiba di Malaysia kemarin pagi dan tim memutuskan agar juara dunia tiga kali MotoGP itu beristirah­at untuk mengurangi efek jet lag.

MotoGP tidak merilis hasil uji coba secara resmi. Namun, di berbagai linimasa, tersebar jepretan laptime sesi pertama. Sembilan rider turun dalam uji coba. Hasilnya, pensiunan Repsol Honda, Dani Pedrosa, membukukan waktu tercepat di atas motor KTM. Sebelas-dua belas dengan Aprilia, KTM melakukan perubahan signifikan pada motornya, terutama pada sisi sasis. Sasis hibrida itu tidak lagi didominasi konsep teralis yang selama ini dipertahan­kan.

Pedrosa melesat 2 menit 0,625 detik saat sesi pertama tersisa sekitar 18 menit. Michele Pirro dari Ducati lebih lambat 0,692 detik di posisi kedua. Pembalap rookie dari Honda, Alex Marquez, mencetak laptime tercepat kelima dengan 2 menit 1,408 detik.

’’Kembali bekerja dengan perasaan yang bagus! Besok (hari ini, Red) lagi,’’ cuit Alex lewat Twitter-nya. Tes pemanasan kali ini berlangsun­g tiga hari, pada 2–4 Februari 2020. Tersisa waktu dua hari buat para rider. Khususnya bagi para rookie untuk bisa lebih menyatu dengan motor mereka.

 ??  ?? PEMANASAN: Foto atas, rider Repsol Honda Alex Marquez turun dalam shakedown test MotoGP di Sirkuit Sepang, Malaysia, kemarin. Foto bawah, bentuk sayap motor RS-GP Aprilia yang mirip sayap mobil F1.
PEMANASAN: Foto atas, rider Repsol Honda Alex Marquez turun dalam shakedown test MotoGP di Sirkuit Sepang, Malaysia, kemarin. Foto bawah, bentuk sayap motor RS-GP Aprilia yang mirip sayap mobil F1.
 ?? TWITTER ALEX MARQUEZ ??
TWITTER ALEX MARQUEZ

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia