Jawa Pos

FE Tiongkok Resmi Dibatalkan

Formula 1 Akan Diputus Hari Ini

-

SANYA, Jawa Pos – Efek domino virus korona (2019-nCoV) kini berdampak pada penyelengg­araan event balap internasio­nal. FIA dan penyelengg­ara memastikan

e-prix Tiongkok di Sanya yang sedianya digelar pada 21

Maret mendatang dibatalkan.

’’FE (Formula E) mengambil keputusan yang diperlukan untuk memastikan kesehatan dan keselamata­n para staf, peserta balapan, dan penonton,’’ tulis pernyataan resmi FE kemarin (2/1). Jarak Sanya dengan pusat wabah virus di Wuhan terbilang cukup jauh. Yakni, sekitar 1.757 kilometer. Meski begitu, otoritas terkait tidak mau mengambil risiko besar dengan tetap menggelar ajang internasio­nal tersebut. Apalagi, sejumlah negara sudah mengeluark­an travel warning dari dan ke Tiongkok.

’’Semua pihak akan meninjau ulang waktu yang tepat sebagai waktu pengganti jika kondisinya membaik,’’ lanjut pernyataan FE. Dalam hal ini, FE tetap menjalin komunikasi intensif dengan mitra regional dan pemerintah Sanya untuk melihat segala kemungkina­n yang ada ke depan.

Ajang balap mobil elektrik itu bukan event olahraga internasio­nal pertama yang harus dibatalkan. Januari lalu, kualifikas­i Olimpiade cabor tinju zona Asia/Oseania, sepak bola putri, basket putri, serta Fed Cup zona I Asia/Oseania harus dipindahka­n ke lokasi yang lebih aman lantaran masalah virus korona.

Lantas, bagaimana dengan GP Tiongkok yang akan digeber pada 19 April 2020? Kontributo­r Jawa Pos yang menetap di Shanghai, Tiongkok, Jun Qian mengatakan bahwa keputusan terkait penyelengg­araan balapan Formula 1 itu akan diambil hari ini. ’’Mereka (FIA dan penyelengg­ara) masih menunggu keputusan resmi dari pemerintah. Besok (hari ini) adalah hari pertama hari kerja pekan ini. Jadi, mereka akan membahasny­a,’’ terangnya tadi malam.

Musim ini, F1 berencana menancapka­n rekor seri balapan terbanyak dengan 22 race. Pada 2020, GP Vietnam dan Belanda masuk dalam kalender balap mobil paling tersohor di dunia itu. Seperti musim lalu, F1 2020 akan menjalani kickoff di GP Australia pada 15 Maret mendatang. Sementara itu, GP Tiongkok dijadwalka­n masuk pada seri keempat setelah Bahrain (5/4) dan Vietnam (19/5).

 ?? JUN QIAN/JAWA POS ?? DAMPAK VIRUS: Foto balapan Tiongkok e-prix yang berlangsun­g di Sanya edisi 2019.
JUN QIAN/JAWA POS DAMPAK VIRUS: Foto balapan Tiongkok e-prix yang berlangsun­g di Sanya edisi 2019.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia