Jawa Pos

Bergelomba­ng Lagi, Jalan Butuh Evaluasi

Dipengaruh­i Kondisi Kontur Tanah

-

SURABAYA, Jawa Pos – Jalan Mayjen Yonosuwoyo dan Citraraya Unesa yang dikeluhkan bergelomba­ng diperbaiki lagi sejak awal Januari lalu. Namun, jalan tersebut kembali rusak dan bergelomba­ng beberapa hari terakhir. Tanahnya mulai menyusut. Di Jalan Citraraya Unesa, kerusakan terlihat di lajur kiri. Mulai gerbang masuk Jalan Citraraya Unesa ke barat hingga depan Graha Unesa.

Sebagaiman­a pantauan kemarin (2/1), permukaan jalan di jalur kiri dan kanan tidak rata. Kondisi tersebut membahayak­an pengendara roda dua. Selain itu, ada sebagian titik yang retak dan permukaann­ya terkelupas. Karena

itu, kendaraan yang melewatiny­a harus hati-hati dan amat pelan. Akibatnya, terjadi kepadatan di jalur tersebut pada jam sibuk.

Sohibul, pengendara asal Menganti, mengatakan bahwa jalan tersebut sebaiknya segera diperbaiki. Sebab, kondisinya semakin hari semakin parah. Menurut dia, pekerja tidak harus menunggu adanya laporan untuk bertindak. Ketika ada kerusakan dan gelombang di lapangan, petugas harus responsif untuk turun tangan. ’’Apa menunggu korban baru diperbaiki?’’ ucap pria 53 tahun itu. ’’Coba lihat, Jalan Yonosuwoyo juga mulai bergelomba­ng lagi tuh,’’ tambahnya.

Secara terpisah, Project Manager

PT Meta Adhya Tirta Umbulan Wilayah Waru–Surabaya Barat Ari Mulyantono mengakui, jalan tersebut sebelumnya memang diperbaiki. Namun, dia menegaskan bahwa perbaikan tersebut memang bukan pemung

kas dan sifatnya sementara agar bisa dilewati kendaraan.

Ari menambahka­n, konstruksi fondasi jalan itu rencananya dibongkar. Mulai Jalan Mayjen Yonosuwoyo di depan Spazio sampai bundaran Unesa maupun

Jalan Citraraya Unesa yang dari Unesa hingga ke persimpang­an CitraLand. ’’Pasti kami kerjakan. Pekan depan bisa dilanjutka­n perbaikan jalannya,’’ tegasnya.

Menurut Ari, hujan dengan intensitas tinggi yang mengguyur Surabaya beberapa hari terakhir menjadi salah satu faktor yang membuat tanah di sisa penggalian pipa SPAM Umbulan itu cepat menyusut. Kondisi tersebut diperparah tanah yang cenderung lunak. ’’Kena air hujan ya jadi lumpur dan menyusut,’’ katanya. ’’Karena itu, perbaikan total nanti kami upayakan sebaikbaik­nya sehingga bisa tahan lama,’’ tambahnya.

Ari menegaskan bahwa perbaikan total itu membutuhka­n waktu. Sebab, pihaknya masih fokus menyelesai­kan koneksi pipa di Surabaya Barat.

 ??  ?? TIDAK RATA: Jalan Mayjen Yono Suwoyo yang rawan bergelomba­ng dan retak dikeluhkan pengendara. Jalan itu akan dievaluasi dan diperbaiki lagi secara total. Selain itu, dasarnya dibongkar.
TIDAK RATA: Jalan Mayjen Yono Suwoyo yang rawan bergelomba­ng dan retak dikeluhkan pengendara. Jalan itu akan dievaluasi dan diperbaiki lagi secara total. Selain itu, dasarnya dibongkar.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia