Jawa Pos

Perbaikan Jalan Ambles Dimulai Pekan Ini

Jalan Greges Arah Gresik Ditutup Separo Selama Dua Minggu

-

SURABAYA, Jawa Pos – Perbaikan jalan ambles di ruas Jalan Greges–Osowilangu­n, Asemrowo, segera berjalan lagi. Sebelumnya, pada akhir Agustus 2019 lalu PDAM Surya Sembada melakukan perbaikan. Pekerja menguruk lahan yang ambles seluas 2 x 20 meter itu hingga rata dengan jalan beraspal.

Namun, banyaknya kendaraan bermuatan berat yang melintas membuat ketahanan tanah tidak maksimal. Sekitar November,

Jalan Raya Greges, tepatnya di depan pergudanga­n No 61, ambles lagi. Ditambah lagi memasuki musim hujan saat ini. Guyuran air hujan membuat permukaan tanah terus tergerus ke bawah. Kondisinya pun semakin parah. ”Seperti hujan deras yang turun dua hari terakhir ini. Banyak tanah yang tergerus ke sungai,” kata Subroto, 51, warga setempat.

Pejabat Pembuat Komitmen Ruas Surabaya–Gresik BBPJN VIII Merlan Efendi mengatakan, perbaikan jalan ambles di ruas Greges–Osowilangu­n tersebut segera dikerjakan kembali. Rapat final dengan pihak PDAM Surya Sembada telah selesai. Agar jalan itu tidak rusak lagi, perbaikan secara total pun dilakukan.

”Kali ini seluruh material yang rusak akan diperbaiki. Misalnya, memasang sheet pile. Agar struktur beton pembatas kuat, sheet pile baru akan dibuat tanpa membongkar bangunan yang lama. Jadi didobel,” katanya kemarin (2/2). Kemudian, aspal di Jalan Raya Greges yang rusak akibat amblesnya tanah juga diperbaiki. Semua akan dikembalik­an seperti kondisi semula. Mulus dan tidak bergelomba­ng.

Manajer Humas PDAM Surya Sembada Adi Nugroho menuturkan, rapat koordinasi dengan pihak BBPJN VIII telah selesai.

Rencananya, pada 6 Februari, perbaikan mulai berjalan. Pengerjaan­nya memakan waktu selama dua minggu. Agar pengerjaan itu berjalan lancar, pihaknya segera berkoordin­asi dengan Satlantas Polres Pelabuhan Tanjung Perak.

Pihaknya meminta pihak kepolisian membantu mengatur lalu lintas di Jalan Raya Greges. Sebab, sebagian ruas Jalan Greges menuju Gresik akan ditutup secara total. Padatnya kendaraan yang melintas pada ruas jalan tersebut membuat lalu lintas macet. ”Tinggal menunggu izin dari polisi. Jika sudah disetujui, perbaikan mulai berjalan,” ungkapnya.

 ?? AHMAD KHUSAINI/JAWA POS ?? AGAR TAK AMBLES LAGI: Jalan Greges yang rusak akan diperbaiki mulai 6 Februari. Untuk memudahkan pengerjaan, satu jalur akan ditutup selama dua pekan.
AHMAD KHUSAINI/JAWA POS AGAR TAK AMBLES LAGI: Jalan Greges yang rusak akan diperbaiki mulai 6 Februari. Untuk memudahkan pengerjaan, satu jalur akan ditutup selama dua pekan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia