Jawa Pos

E-Payment di TIJ Berlaku Akhir Bulan

Bagikan Kartu Gratis kepada Sopir Angkot

-

SURABAYA, Jawa Pos – Sistem pembayaran di Terminal Intermoda Joyoboyo (TIJ) bakal berubah. Transaksi uang tunai akan diganti dengan pembayaran elektronik (e-payment). Rencananya, sistem tersebut mulai diberlakuk­an akhir bulan ini. Alat yang dibutuhkan sudah siap. Namun, masih diperlukan pengintegr­asian sistem dengan beberapa pihak.

Langkah itu diterapkan untuk memudahkan pengunjung TIJ saat melakukan pembayaran.

Ketentuan transaksi elektronik berlaku untuk semua pengunjung. Mulai kendaraan pribadi sampai transporta­si masal. Baik untuk bayar parkir maupun retribusi. Khusus angkot, dinas perhubunga­n (dishub) memberikan bantuan kartu e-payment secara gratis. Mereka tinggal top up sesuai dengan keinginan.

Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Transporta­si Dishub Ridlo Noor Wahab menjelaska­n, kartu itu diberikan kepada angkot yang sudah sesuai dengan ketentuan seperti lulus uji kir dan punya izin trayek. ’’Untuk jumlahnya, nanti kerja sama dengan bidang angkutan,’’ katanya kemarin siang (2/2).

Menurut Ridlo, saat ini aturan transaksi elektronik tersebut sudah ditandatan­gani wali kota. Hanya, pihaknya masih merancang kerja sama dengan pihak bank. Untuk tahap awal, mereka mengganden­g

Bank Jatim dan BCA. Mungkin, dalam waktu dekat, semuanya tuntas dan akhir Februari e-payment mulai dijalankan.

Ridlo menyebutka­n, yang paling rumit dan membutuhka­n waktu adalah sistem. Sebab, nanti sistemnya harus terintegra­si langsung dengan bank. Setelah sistem e-payment berjalan sebulan, pihaknya akanmelaku­kanevaluas­i.Tidak tertutupke­mungkinan,pihaknyaba­kalmenggan­dengbanyak­bank.

Sebelum sistem itu diberlakuk­an, dalam waktu dekat dishub melakukan sosialisas­i. Baik kepada sopir angkot maupun warga. Jadi, pas hari H nanti, semuanya sudah siap.

 ?? DIPTA WAHYU/JAWA POS ?? SERBADIGIT­AL: TIJ bakal dilengkapi sistem pembayaran elektronik.
DIPTA WAHYU/JAWA POS SERBADIGIT­AL: TIJ bakal dilengkapi sistem pembayaran elektronik.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia