Jawa Pos

BHS Upayakan Kesehatan Warga Sidoarjo

Helat Cek Kesehatan Gratis di Pasar Larangan

-

KESEHATAN merupakan infrastruk­tur yang sangat penting bagi masyarakat. Khususnya di lingkungan pasar. Sehingga para pedagang pun bisa berjualan dengan higienis dan dapat lebih meningkatk­an ekonomi dengan baik. Untuk itulah Bambang Haryo Soekartono (BHS) menginisia­si program cek kesehatan yang muaranya menjadi pusat kesehatan masyarakat sesuai SNI di pasar-pasar Sidoarjo.

”Ke depannya pasar-pasar di Sidoarjo wajib terstandar­disasi oleh BSN (Badan Standardis­asi Nasional, Red),” tegas BHS.

Pasar-pasar tersebut harus menekankan faktor kebersihan, kesehatan, keamanan, dan kenyamanan. Sebelumnya, BHS berhasil menjadikan Pasar Sukodono, Sidoarjo, sebagai pasar pertama di Jawa Timur yang lulus SNI. Hal itu dilakukan dalam tanggung jawabnya sebagai anggota DPR RI periode 2014–2019.

Perhatian BHS terhadap kesehatan warga pasar di Sidoarjo itu direalisas­ikan dalam tindakan konkret. Alumnus Fakultas Teknologi Kelautan ITS itu menghelat layanan kesehatan gratis di Pasar Larangan, kemarin (2/2). Tema yang diangkat adalah BHS Peduli Lingkungan dan Kesehatan.

Beberapa pemeriksaa­n medis tersedia gratis untuk masyarakat. Di antaranya, cek kolesterol, asam urat, tekanan darah, dan gula darah. BHS ingin masyarakat tidak melupakan kesehatan meskipun sibuk beraktivit­as sehari-hari. ”Kalau pedagang sehat, konsumen pun akan sehat,” ujarnya.

Upaya BHS itu berbuah positif. Warga beramairam­ai memeriksak­an kesehatan. Salah seorangnya adalah pedagang Pasar Larangan Sri Riwayati yang rela menunggu sejak dini hari. ”Tadi dengar banyak orang bilang ada cek kesehatan gratis, ya saya rela nunggu biar bisa periksa. Alhamdulil­lah, kegiatan seperti ini membantu saya serta rakyat kecil yang membutuhka­n,” ungkap warga Tulangan, Sidoarjo, itu.

 ?? NADIA HANUM/JAWA POS ?? TINDAKAN NYATA: Bambang Haryo Soekartono menyapa warga yang mengantre cek kesehatan di Pasar Larangan, Sidoarjo, kemarin (2/2).
NADIA HANUM/JAWA POS TINDAKAN NYATA: Bambang Haryo Soekartono menyapa warga yang mengantre cek kesehatan di Pasar Larangan, Sidoarjo, kemarin (2/2).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia