Jawa Pos

Polda Lakukan Evaluasi Harian hingga Bulanan

-

POLDA Jatim menyiapkan evaluasi penerapan e-TLE bulanan. Sejumlah kendala dan masukan dari masyarakat mengenai tilang tersebut akan dibahas. Di antaranya, terkait dengan teknis CCTV yang langsung menangkap pelanggara­n yang tidak tepat.

Rencananya, evaluasi tersebut dilakukan ketika penerapan e-TLE sudah berjalan selama sebulan. Polda bakal mengundang intansi yang terlibat. Yakni, kantor pos, dinas perhubunga­n, Dinas Kominfo Surabaya, dan Polrestabe­s Surabaya, serta Polres Pelabuhan Tanjung Perak. ”Selama ini, evaluasi dan komunikasi bersama sebenarnya sudah berjalan,” kata Dirlantas Polda Jatim Kombespol Budi Indra Dermawan.

Nah, evaluasi selama ini terkait dengan teknis di lapangan. Hubunganny­a, terkait dengan penerapan tilang oleh CCTV. Dalam evaluasi itu, tim RTMC berkomunik­asi tentang kendala di lapangan. Salah satunya bersama dishub terkait dengan CCTV.

Beberapa CCTV, lanjut dia, mengalami kendala saat men-capture pelanggara­n. ”Beberapa terkait teknis. Kalau itu, tim polda berkomunik­asi langsung setiap hari dengan dishub,” ucapnya.

Sementara itu, evaluasi bersama akan membahas sektor yang lebih luas tentang penerapan e-TLE selama sebulan. Apalagi, pasti ada kendala-kendala dan masukan masyarakat. Di sana, pastinya tim bakal berkomunik­asi bersama untuk menyelesai­kan setiap kendala.

Selain itu, pembahasan akan mengusung penambahan CCTV, sejumlah marka, dan rambu lalu lintas, serta koneksi satu server dengan CCTV sendiri. ”Kami bakal mencari titik kumpulnya kapan. Tapi, yang jelas bakal ada evaluasi itu. Kami belum jadwalkan,” tuturnya.

Polantas juga sudah melakukan evaluasi setiap hari. Terkait dengan teknis yang dilakukan personel kepolisian saat menjalanka­n tugasnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia