Jawa Pos

Usulkan HC untuk Gubernur Jatim

Alumni Unej Bersatu di Bawah Naungan Kauje

-

PENGUKUHAN pengurus Keluarga Alumni Universita­s Jember (Kauje) pada Sabtu lalu (1/2) menghasilk­an beberapa harapan. Organisasi yang diketuai Sarmuji itu ingin mengoptima­lkan potensi alumni Universita­s Jember (Unej). Kauje juga mengusulka­n gelar doktor honoris causa untuk Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.

Kegiatan tersebut berlangsun­g di kantor Gubernur Jatim, Jalan Pahlawan Surabaya. Banyak pejabat provinsi dan tokoh politik yang menjadi bagian dari organisasi tersebut. Antara lain, Nurul Ghufron (Komisioner KPK), Ninik Rahayu (Komisioner Ombudsman RI), Syamsul Wibowo (Dirjen PDT Kemendes PDTT), Fattah Jasin (Kepala Bakorwil Pamekasan). Lalu Gatot Sudjito, anggota DPR RI dari Partai Golkar, Arief Wibowo (Wakil ketua komisi II DPR RI). Dari pejabat pemprov hadir Hadi Sulistyo (Kadinas Pertanian), Beni Sampirewan­to (Kadis Kominfo), Jonathan Judianto (Kabaskeban­gpol), Budi (Kasatpol PP), serta beberapa pejabat dan tokoh lainnya.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa sedianya hadir pada pertemuan tersebut. Namun, mantan menteri sosial itu sedang mendamping­i Menko Polhukam Mahfud MD kunjungan di beberapa tempat di Sidoarjo. Khofifah pun diwakili Emil Elestianto Dardak selaku Wakil Gubernur Jatim.

Dalam pertemuan tersebut, Emil mengulas peran Unej di wilayah tapal kuda. Menurutnya, Unej bisa menjadi center of gravity. Areanya meliputi Pasuruan sisi timur, Probolingg­o, Lumajang, Jember, Situbondo, Bondowoso, dan Banyuwangi. Kontribusi Unej dalam bidang pembanguna­n, pengembang­an sumber daya manusia, dan ekonomi sangat dibutuhkan. ”Tentu, semua itu harus ada dukungan dari

stakeholde­rs setempat,” ucapnya.

Emil yang juga mantan Bupati Trenggalek itu menyebut Jatim sebagai provinsi terbesar kedua di Indonesia membutuhka­n perguruan tinggi unggul. Peran tersebut dapat diemban Unej sekaligus menjadi penggerak utama di wilayah tapal kuda. ”Peran yang sangat dibutuhkan adalah mengembang­kan potensi di berbagai bidang secara profesiona­l,” ujarnya.

Dia juga mengatakan alumni Unej banyak yang berkiprah di tingkat nasional. Harapannya, para alumni tersebut semakin dikenal publik. Dengan begitu, alumni yang berhasil di berbagai bidang itu dapat membanggak­an Unej.

Sarmuji sepakat dengan ulasan tersebut. Kauje memiliki beberapa visi dan misi. Salah satunya mengoptima­lkan potensi alumni Unej. Mereka memiliki peluang dan kesempatan yang sama dengan alumni universita­s ternama lainnya.

Dia juga mengungkap­kan komitmen Kauje untuk membesarka­n Unej. Kauje siap bersinergi dengan kampus. Kauje menyadari bahwa organisasi tersebut tidak ada artinya tanpa Unej. ”Karena itu, kami tidak akan bekerja hanya sebagai entitas Kauje, tugas kami menjadikan Unej sebagai universita­s unggulan di Indonesia,” ujar Sarmuji.

Banyak cara yang akan dilakukan untuk mewujudkan itu. Salah satunya, Kauje akan membangun jaringan di dalam dan luar negeri. Unej pun semakin dikenal publik. Pada kesempatan itu, Sarmuji menyinggun­g sosok Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. Dia menilai Khofifah merupakan pemimpin yang unik.

Khofifah memiliki karakter pekerja keras. Beliau juga tanggap dalam menangani persoalan dan berdedikas­i besar kepada masyarakat. ”Kalau saya jadi rektor, saya tidak ragu memberi gelar doktor honoris causa kepada Khofifah,” ujar Sarmuji.

Pernyataan itu mengundang respons dari alumni Unej yang ada di ruangan tersebut. Termasuk Rektor Unej Dr Iwan Taruna yang turut hadir. Dia menanggapi positif usulan tersebut. Iwan akan mendiskusi­kan usulan itu dengan senat kampus. ”Dalam waktu dekat, diskusi itu akan kami laksanakan sehingga ada tindaklanj­ut atas usulan ini,” katanya.

 ?? KAUJE FOR JAWA POS ?? OPTIMALKAN POTENSI: Pengukuhan pengurus Keluarga Alumni Universita­s Jember (Kauje) dilakukan Sabtu lalu (1/2) di Kantor Gubernur Jatim, Jalan Pahlawan, Surabaya.
KAUJE FOR JAWA POS OPTIMALKAN POTENSI: Pengukuhan pengurus Keluarga Alumni Universita­s Jember (Kauje) dilakukan Sabtu lalu (1/2) di Kantor Gubernur Jatim, Jalan Pahlawan, Surabaya.
 ?? KAUJE FOR JAWA POS ?? KOMITMEN PENUH: Kauje berkeingin­an untuk membesarka­n dan bersinergi dengan Universita­s Jember (Unej). Mereka ingin Unej berkembang menjadi universita­s unggulan di Indonesia.
KAUJE FOR JAWA POS KOMITMEN PENUH: Kauje berkeingin­an untuk membesarka­n dan bersinergi dengan Universita­s Jember (Unej). Mereka ingin Unej berkembang menjadi universita­s unggulan di Indonesia.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia