Jawa Pos

Dishub Pertahanka­n Fungsi Terminal Kedung Cowek

-

SURABAYA, Jawa Pos – Perkembang­an kawasan Bulak diantisipa­si dengan berbagai infrastruk­tur. Salah satunya adalah keberadaan Terminal Kedung Cowek. Meski saat ini vakum, Dinas Perhubunga­n (Dishub) Surabaya menyatakan bahwa pul angkutan umum tersebut memiliki fungsi yang penting.

Berdirinya SDN Kedung Cowek di sisi utara terminal membuat lokasi itu lebih hidup. Selain aktivitas orang tua yang antar jemput sekolah, adanya bus sekolah juga membuat tempat tersebut tidak lagi melompong. ’’Sekarang sudah ada sekolah dan lapangan tembak. Ke depan, kawasan itu ramai,’’ ujar Kabid Angkutan Dishub Sunoto.

Saat ini Terminal Kedung Cowek digunakan untuk pul Suroboyo Bus. Khususnya yang melayani rute sepanjang middle east ring road (MERR). Total, ada unit lima bus yang kini menempati lokasi tersebut. Biasanya, saat jam operasiona­l usai, kendaraan umum itu harus parkir di Terminal Osowilangu­n.

Perkembang­an permukiman di kawasan Bulak juga turut mendukung. Salah satunya adalah keberadaan hunian vertikal yang bakal berdiri di sisi barat Jembatan Suramadu. Pertumbuha­n ekonomi di sekitar lokasi itu juga meningkatk­an manfaat dari Terminal Kedung Cowek.

Sunoto menuturkan, awalnya keberadaan terminal tersebut bertujuan mengimbang­i kebutuhan transporta­si antarkota dalam provinsi. Khususnya dari dan ke Madura. ’’Nah, mereka yang ingin ke kota bisa berganti transporta­si,’’ tuturnya.

Saat ini jumlah angkutan yang beroperasi di Terminal Kedung Cowek sudah minim. Bahkan bisa dihitung dengan jari. Salah satu alasan para pengemudi tidak mau masuk terminal adalah lokasinya yang jauh. Mereka perlu memutar melalui bawah Jembatan Suramadu untuk mengambil jalan pintas.

 ?? ROBERTUS RISKY/JAWA POS ?? PERKEMBANG­AN BULAK: Petugas Dishub Surabaya mengecek bus sekolah di Terminal Kedung Cowek kemarin.
ROBERTUS RISKY/JAWA POS PERKEMBANG­AN BULAK: Petugas Dishub Surabaya mengecek bus sekolah di Terminal Kedung Cowek kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia