Jawa Pos

Bawakan Lagu Religi dengan Gaya Milenial

-

SURABAYA, Jawa Pos – ”In your presence where I belong... My life is in your hands... No matter what may come... Nothing scares you Lord... My life is the wonder of your love,” begitulah sepenggal lagu berjudul The Wonder of Your Love yang dinyanyika­n Valerie Utomo di G-Walk Surabaya beberapa waktu lalu. Lagu beraliran pop dan sedikit sentuhan rock itu masuk ke album kedua Valerie yang bertajuk Imanuel. Nyanyian bertema rohani tersebut sengaja di-request perempuan berusia 11 tahun itu kepada pencipta lagu Elisa Soetopo sebagai bentuk kepedulian­nya terhadap anak muda agar lebih mengenal Tuhan.

Menurut Valerie, ada beberapa latar belakang penulisan The Wonder of Your Love. ”Salah satunya, seperti yang kita ketahui bersama, generasi milenial gen X, gen Y, dan gen Z merupakan kalangan yang mudah terkena depresi,” papar Valerie. Nah, lewat karyanya itu, dia tidak mau bercerita mengenai horornya depresi atau putus asa. Namun, dia lebih ingin menceritak­an adanya pengharapa­n di dalam kasih Tuhan. ”Jadi, jangan takut ketika menghadapi sebuah masalah, harus tetap semangat karena pasti Tuhan membantu kita semua,” papar Valerie.

Sejauh ini, dia telah memiliki dua album yang semuanya dirilis pada 2019. Album perdana Iman dan Harapan resmi dilempar ke publik pada awal tahun lalu. Kemudian, album keduanya keluar pada akhir 2019. Masing-masing berisi 10 lagu.

”Dari dulu saya memang bercita-cita punya album rohani karena ingin membawa dampak positif untuk generasi muda supaya terus ingat dengan Yang di Atas dan tidak mudah putus asa. Makanya aliran musiknya saya buat easy listening, sesuai dengan milenial,” ucap siswa kelas VI SD tersebut.

Dia berharap dua albumnya itu bisa memotivasi anak-anak seumuranny­a agar tidak gampang menyerah dalam menjalani apa pun. ”Meskipun ini lagu religi, semua liriknya tidak berat karena saya dan pencipta lagu telah berkomitme­n untuk membuat lirik yang sesuai dengan umur saya agar gampang dicerna oleh siapa pun yang mendengar,” lanjut anak bungsu tiga bersaudara itu.

Selain The Wonder of Your Love, Valerie masih punya beberapa lagu hit. Di antaranya, Karena Anugerah-Mu dan Cinta-Mu Tuhan. Dia mengungkap­kan, di album kedua tersebut, Valerie juga berkesempa­tan berkolabor­asi dengan drumer muda asal Surabaya, Rayner Stefanolin­e. Dalam lagu berjudul Benteng Hidupku dan Ku Dicintai, Rayner bermain drum dengan gaya yang unik dan khas. Karena itu, lagu-lagu di dalam album Imanuel tersebut benarbenar bergaya milenial.

”Selama ini kan musik-musik rohani cenderung kuno dan tidak mengikuti perkembang­an zaman. Karena itu, saya memilih genre pop dan rock agar musik religi bisa didengar semua usia,” jelasnya. Dalam waktu dekat, gadis kelahiran Mei itu akan tampil dalam beberapa kegiatan ibadat di gereja.

 ?? CHARINA MARIETASAR­I/JAWA POS ?? PENYANYI CILIK: Valerie Utomo saat tampil membawakan lagu The Wonder of Your Love di G-Walk beberapa waktu lalu.
CHARINA MARIETASAR­I/JAWA POS PENYANYI CILIK: Valerie Utomo saat tampil membawakan lagu The Wonder of Your Love di G-Walk beberapa waktu lalu.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia