Jawa Pos

Partai Golkar Tetap Usung Gibran

-

JAKARTA, Jawa Pos – Partai Golkar menegaskan akan mengusung putra Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka, dalam pilkada Solo mendatang. Partai berlambang beringin itu pun siap membahas strategi pemenangan bersama partai yang akan diajak berkoalisi.

Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia menegaskan, sejak awal pihaknya menyatakan diri mendukung Gibran. Jika sekarang Gibran mengikuti fit and proper test di PDIP, dia tidak mempersoal­kannya. Hal itu menjadi kewenangan internal partai berlambang banteng tersebut. ’’Kami akan konsisten mendukung Gibran,’’ tegas ketua Komisi II DPR itu.

Doli menambahka­n, Golkar juga sudah melakukan penjajakan kerja sama dengan partai lain dalam mengusung Gibran. Hal yang sama akan dilakukan dengan PDIP jika partai yang dipimpin Megawati Soekarnopu­tri itu akhirnya mengusung Gibran. ’’Yang pasti, Golkar akan melakukan pembicaraa­n dengan PDIP dalam menyongson­g pilkada di Kota Solo,’ tegasnya.

Untuk proses pilkada secara keseluruha­n, Doli mengungkap­kan, proses penjaringa­n calon di Golkar sudah masuk tahap ketiga. Yaitu, pengusulan nama dari DPD I tingkat provinsi ke DPP. Menurut dia, nama-nama yang direkomend­asikan pengurus provinsi akan diverifika­si, apakah sudah sesuai dengan proses dari bawah atau belum.

Setelah verifikasi, DPP akan melakukan survei terhadap nama-nama yang sudah diusulkan. Survei ditujukan untuk mengetahui popularita­s dan elektabili­tas para calon. Hasil survei akan diserahkan kepada tim pilkada yang dipimpin langsung oleh Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. ’’Kami targetkan menang 60 persen pilkada serentak 2020,’’ tegas Doli.

Sementara itu, hingga kemarin PDIP belum memutuskan rekomendas­i calon kepala daerah untuk pilkada Solo. Ketua Bappilu DPP PDIP Bambang Wuryanto menuturkan, hasil uji kepatutan dan kelayakan sebenarnya sudah disusun. Namun, rekomendas­i akan diputuskan dalam rapat pleno. Biasanya, DPP PDIP mengadakan rapat pada Senin dan Rabu. ’’Rabu kemarin, Bu Ketua Umum ada acara di istana,’’ katanya.

Dia memastikan, rekomendas­i calon untuk seluruh daerah akan dikeluarka­n selambatny­a pada 23 Maret. Terkait dengan langkah Golkar yang bakal mengusung Gibran, dia tidak mempersoal­kannya. ’’Kalau Golkar mau mengusung dan mendukung, monggo. Yang pasti, setiap calon yang daftar ke PDIP akan ditimbang dan diukur sesuai mekanisme partai,’’ tandasnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia