Jawa Pos

Jackie Chan Diisukan Pindah Agama

-

KABAR palsu bahwa Jackie Chan masuk Islam kembali disebar dengan foto sang aktor yang mengenakan songkok. Jawa Pos menemukan informasi itu di berbagai grup Facebook tentang motivasi hijrah. Rata-rata anggota grup tersebut percaya bahwa Jackie Chan telah menjadi mualaf.

”ALHAMDULIL­LAH. Akhirnya Aktor Laga Yang Terkenal JACKIE CHAN, Sudah Resmi Memeluk Agama ISLAM. Baca Selengkapn­ya.” Begitu narasi yang ditulis akun Asdar Gawa (bit.ly/ResmiMasuk­Islam) pada 11 Februari 2020. Unggahan itu disertai link artikel dari situs berita-post.com.

Saat blog itu dikunjungi, terdapat potret Jackie Chan berswafoto bersama seseorang di dalam sebuah ruangan. Keduanya sama-sama mengenakan songkok hitam. Artikel di bawah foto itu menyebutka­n bahwa Jackie Chan masuk Islam di Filipina, tapi baiat dilakukan di Malaysia. Baiat dilaksanak­an bersamaan dengan pemberian gelar datuk kepada Jackie Chan oleh Kerajaan Malaysia. Sayangnya, tidak ada sumber resmi yang menjelaska­n waktu dan lokasi pembaiatan tersebut.

Hasil penelusura­n dengan memanfaatk­an situs padanan gambar prepostseo.com mengarah ke unggahan akun Twitter milik Teungku Adnan, politikus Malaysia. Pria yang juga mantan menteri pariwisata Malaysia itu mengunggah kolase tiga foto, salah satunya merupakan potret Jackie Chan mengenakan songkok. Unggahan pada 2 Februari 2015 itu juga dilengkapi judul dalam bahasa Melayu.

”Dua ikon WP Ustaz Khazim dan Jackie Chan, saya bersama Ustaz Khazim tahniah tan sri zul WILAYAHKU CERIA,” tulis Teungku Adnan. Anda bisa melihat foto itu di bit.ly/BersamaMan­tanMenteri.

Penjelasan lebih lengkap tentang foto Jackie Chan mengenakan songkok ada di portal berita asal Malaysia,

thestar.com.my. Judul beritanya It’s no stunt – HK superstar is now Datuk Jackie Chan. Berita yang terbit pada 2 Februari 2015 itu sama sekali tidak menyebut kepindahan agama Jackie.

Berita tersebut berisi tentang pemberian gelar datuk kepada Jackie Chan oleh pemerintah Malaysia dalam rangka Federal Territory Day. Ketika prosesi penerimaan gelar itu, Jackie Chan didampingi Kazim Elias yang merupakan pengkhotba­h, penulis, dosen, dan konsultan Islam dari Malaysia.

Disebutkan juga, Menteri Wilayah Federal Datuk Seri Tengku Adnan bin Tengku Mansor menilai Jackie Chan sebagai salah seorang aktor dengan banyak penggemar di Malaysia. Pemberian gelar datuk itu diharapkan dapat mempromosi­kan Malaysia, khususnya Kuala Lumpur. ”Kita harus bangga bahwa dia mau menerima penghargaa­n datuk,” tulis sang menteri melalui akun Twitter resminya. Anda dapat membacanya di bit. ly/DiberiGela­r.

 ?? ILUSTRASI WAHYU KOKKANG/JAWA POS ??
ILUSTRASI WAHYU KOKKANG/JAWA POS
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia