Jawa Pos

Sensus Penduduk Online Dimulai Besok

-

BADAN Pusat Statistik (BPS) kembali melaksanak­an sensus penduduk ketujuh yang merupakan kegiatan setiap 10 tahun sekali sesuai amanat UndangUnda­ng Nomor 16 Tahun 1997 tentang Statistik. Berbeda dari sensus sebelumnya, Sensus Penduduk 2020 (SP2020) dilakukan melalui dua cara. Yakni, online dan wawancara.

Kepala Badan Pusat Statistik Suhariyant­o menyatakan, keberhasil­an pelaksanaa­n Sensus Penduduk 2020 (SP2020) merupakan tanggung jawab bersama. Besarnya cakupan SP2020 ditambah semakin kompleksny­a mobilitas penduduk pada 2020 menjadi tantangan yang harus dihadapi. ’’Apalagi, SP2020 menggunaka­n metode baru, yakni metode kombinasi,’’ tuturnya.

BPS akan memanfaatk­an data administra­si kependuduk­an dari Kementeria­n Dalam Negeri (Kemendagri) untuk dijadikan dasar pelaksanaa­n sensus penduduk tahun ini. Pendataann­ya akan menggabung­kan sensus online dan wawancara. ’’Tahap pengumpula­n data mandiri melalui internet (sensus penduduk juga merupakan tantangan tersendiri,’’ ungkapnya.

Sensus penduduk secara online dinilai bisa jadi solusi atas persoalan yang ada pada metode wawancara. Sebab, metode wawancara membutuhka­n biaya yang cukup mahal. Meningkatn­ya response burden menjadi salah satu kelemahan metode wawancara. Sebab, mobilitas penduduk terus meningkat dan banyak kelompok yang sulit dijangkau.

Sensus penduduk online dimulai pada 15 Februari 2020 hingga 31 Maret 2020 yang mencakup seluruh keluarga dan penduduk baik yang merupakan warga negara Indonesia (WNI) maupun warga negara asing (WNA) yang bertempat tinggal dalam wilayah teritorial Indonesia. Termasuk wilayah teritorial Indonesia di luar negeri.

Masyarakat diharapkan segera mencatatka­n dan memperbaru­i informasi diri serta keluarga melalui sensus penduduk online untuk data kependuduk­an yang akurat. Caranya mudah, siapkan NIK dan nomor KK untuk pengisian sensus secara online melalui sensus.bps.go.id. Mari Bersama, #MencatatIn­donesia.

Bagi yang belum mengisi sensus penduduk online, petugas melakukan sensus wawancara pada 1–31 Juli 2020. Karena itu, BPS terus melakukan sosialisas­i kepada masyarakat untuk menyuksesk­an Sensus Penduduk 2020. ’’Agar response rate yang diharapkan dapat tercapai, diperlukan publisitas yang tersegment­asi, masif, dan efektif mengajak masyarakat untuk berpartisi­pasi aktif dalam SP2020,’’ ungkap Kecuk sapaan akrab Suhariyant­o.

 ?? BPS FOR JAWA POS ?? INOVATIF: Sensus penduduk online mulai dilaksanak­an pada 15 Februari 2020 hingga 31 Maret 2020 melalui sensus.bps.go.id. Bagi yang belum mengisi sensus penduduk online, petugas akan melakukan sensus penduduk dengan cara wawancara pada 1-31 Juli 2020.
BPS FOR JAWA POS INOVATIF: Sensus penduduk online mulai dilaksanak­an pada 15 Februari 2020 hingga 31 Maret 2020 melalui sensus.bps.go.id. Bagi yang belum mengisi sensus penduduk online, petugas akan melakukan sensus penduduk dengan cara wawancara pada 1-31 Juli 2020.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia