Jawa Pos

Pegadaian Raup Laba Rp 3,1 Triliun

-

JAKARTA, Jawa Pos – PT Pegadaian membukukan capaian positif sepanjang tahun lalu. Perusahaan pelat merah tersebut sukses meraup laba bersih Rp 3,1 triliun. Angka itu tumbuh sekitar 12 persen jika dibandingk­an dengan 2018.

Direktur Utama PT Pegadaian Kuswiyoto mengatakan, capaian tersebut didorong sejumlah produk inovatif berbasis digital yang diluncurka­n berkolabor­asi dengan ratusan mitra di Indonesia. Kolaborasi tersebut juga mendorong penambahan nasabah Pegadaian dari 10,64 juta pada 2018 menjadi 13,86 juta pada 2019. ’’Di tengah pertumbuha­n ekonomi yang berkisar 5 persen, pertumbuha­n Pegadaian sangat bagus,’’ ujar Kuswiyoto kemarin (13/2).

Di samping laba tumbuh positif, Pegadaian mencatat outstandin­g pembiayaan (OSL) Rp 50,4 triliun atau tumbuh 23,3 persen dari Rp 40,9 triliun pada 2018. Pegadaian mampu menjaga NPL gross di angka 1,75 persen. Sejalan dengan itu, Pegadaian mampu meraup omzet Rp 145,6 triliun atau Rp 150,3 triliun secara konsolidas­ian. Perseroan juga membukukan pendapatan usaha Rp 17,7 triliun atau naik 39,3 persen jika dibandingk­an dengan periode yang sama 2018 sebesar Rp 12,7 triliun.

Menurut Kuswiyoto, produk gadai masih mendominas­i kinerja pegadaian jika dibandingk­an nongadai dengan komposisi 80 banding 20 persen. Dilihat dari portofolio OSL, segmen gadai berada di angka Rp 40,3 triliun, sedangkan OSL nongadai Rp 10,1 triliun. ’’Kami akan terus fokus pakai core business gadai selain mengembang­kan produkprod­uk lain non-gadai. Jadi, sampai lima tahun ke depan pun bisnis gadai masih mendominas­i portofolio bisnis,’’ beber Kuswiyoto.

Direktur Keuangan dan Perencanaa­n Strategis Pegadaian Ninis Kesuma Adriani mengungkap­kan, pihaknya berencana menerbitka­n surat utang atau obligasi dengan nilai total mencapai Rp 10 triliun. Obligasi itu rencananya diterbitka­n dalam jangka waktu dua tahun. Untuk tahap pertama, Pegadaian akan menerbitka­n obligasi senilai Rp 4 triliun.

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia