Jawa Pos

Tembak Kaki Dua Pelaku Curanmor

Bekuk saat Beraksi di Malang

-

SURABAYA, Jawa Pos – Polda Jatim membekuk residivis curanmor di Malang kemarin (13/2). Dua pelaku diamankan. Keduanya adalah Akhmad Sholeh dan Anang Makruf. Setelah penangkapa­n, mereka dibawa ke Ditreskrim­um Polda Jatim.

Kasubdit III Jatanras Ditreskrim­um Polda Jatim Kompol Oki Ahadian mengungkap­kan, saat hendak ditangkap, kedua pelaku melawan petugas. Mereka berusaha melarikan diri. Keduanya juga menabrakka­n kendaraann­ya untuk menghindar­i sergapan polisi. ’’Terpaksa kami lumpuhkan dengan timah panas di kaki,” ucap Oki.

Akhmad dan Anang yang merupakan warga Pasuruan sudah setahun beroperasi di wilayah Malang. Saat beraksi, mereka tak segan melakukan kekerasan terhadap korban. Dari pemeriksaa­n, keduanya mengaku sudah tiga kali beraksi. ”Tapi, kami percaya seorang residivis bisa melakukann­ya lebih dari itu,” ujar Oki.

Penangkapa­n tersebut merupakan upaya Tim Satgas Jatanras untuk membekuk sindikat penjahat jalanan. Itu merupakan tindakan ketiga. Sebelumnya, tim secara bergantian menangkap sindikat pemalsu dokumen kendaraan, penadahan, hingga pencurian kendaraan bermotor di wilayah yang berbeda. ”Ada sembilan tersangka yang kami amankan sebulan terakhir. Termasuk dua pelaku ini,” terang Oki.

Dalam melancarka­n aksinya, kedua pelaku menggunaka­n satu motor. Seorang pelaku berperan sebagai joki. Sementara itu, pelaku lain menggunaka­n senjata tajam untuk mengambil motor korban. ”Kami telusuri kembali jaringan lainnya. Pasti ada penadahnya dalam jaringan seperti ini,” imbuh mantan Kasatsabha­ra Polrestabe­s Surabaya itu.

 ?? DITRESKRIM­UM POLDA JATIM FOR JAWA POS ?? TERTATIH: Anang Makruf (tengah) dibopong dua personel Jatanras Ditreskrim­um Polda Jatim kemarin.
DITRESKRIM­UM POLDA JATIM FOR JAWA POS TERTATIH: Anang Makruf (tengah) dibopong dua personel Jatanras Ditreskrim­um Polda Jatim kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia