Jawa Pos

Bikin Shin Tae-yong Terpikat

-

KEDATANGAN Shin Tae-yong ke Stadion Gelora Bangkalan (12/2) untuk mencari pemain muda tidak sia-sia. Pelatih timnas itu kepincut dengan salah seorang pemain Persebaya Surabaya, Koko Ari Araya. Bahkan, pemain 20 tahun tersebut dipastikan masuk skuad timnas yang melakoni training center (TC).

Pemanggila­n itu cukup mendadak setelah laga Persebaya kontra Bhayangkar­a FC (12/2). Pelatih Persebaya Aji Santoso mendapat telepon langsung dari Shin Tae-yong. ’’Beliau bertanya kepada saya, ’Apakah Koko bisa bergabung dengan skuad timnas yang melakukan TC?,’’ kata Aji kepada Jawa Pos.

Sejatinya Aji cukup kaget. Apalagi, TC itu dimulai hari ini. Karena pemanggila­n terhadap Koko sangat mendadak, Aji meminta keringanan. ’’Saya beri izin. Asalkan, Koko baru bergabung TC pada 15 Februari atau setelah laga lawan Madura United. Ternyata Shin Tae-yong tidak masalah,’’ ujar pelatih 49 tahun tersebut.

Artinya, ada tiga pemain Green Force yang dipanggil timnas. Selain Koko, ada Hansamu Yama dan Rachmat Irianto.

Aji senang salah seorang pemain mudanya dipanggil untuk mengikuti TC. Dia menilai Koko punya potensi. Bisa dibilang, Koko diorbitkan Aji. Pemain kelahiran 9 Januari 2000 itu baru muncul saat Aji membesut Persebaya. Dia bahkan dipercaya turun dalam laga derbi kontra Persija Jakarta musim lalu.

’’Kalau Persebaya lolos ke semifinal dan final (Piala Gubernur Jatim, Red), saya rela tanpa Koko. Biar dia ikut timnas saja,’’ jelas Aji.

Menurut dia, ditempa di timnas bakal membuat Koko tampil lebih baik saat kembali ke Surabaya. Apalagi, Koko belum pernah masuk skuad timnas junior. Sekali dipanggil, dia langsung bergabung dengan timnas senior. ’’Makanya, saya sangat senang. Ini menjadi bukti bahwa Persebaya bisa menyumbang­kan pemain-pemain potensial bagi timnas,’’ tutur mantan pelatih Persela Lamongan tersebut.

Dalam laga kontra Bhayangkar­a FC (12/2), jebolan tim internal HBS itu memang tampil oke. Dia mampu bertahan dan menyerang sama baiknya dari sisi kanan. Aji sejatinya sudah menyangka Koko menjadi salah seorang pemain besar. ’’Makanya, saya berani beri dia kepercayaa­n untuk tampil. Ke depan, saya terus gencar memunculka­n pemain muda di Persebaya,’’ tegasnya.

 ?? ALLEX QOMARULLA/JAWA POS ?? MASUK RADAR TIMNAS: Koko Ari Araya.
ALLEX QOMARULLA/JAWA POS MASUK RADAR TIMNAS: Koko Ari Araya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia