Jawa Pos

Segera Usir Pemain Toxic

Target Chelsea Musim Depan Pascatrans­fer Ziyech

-

LONDON, Jawa Pos – Musim ini masih tersisa sekitar tiga bulan. Tetapi, bagi Chelsea, persiapan musim depan sudah mereka cicil sekarang. Salah satu buktinya ada pada wide attacker Ajax Amsterdam Hakim Ziyech. Pemain asal Maroko itu dilaporkan De Telegraaf sudah sepakat secara personal berkostum The Blues musim depan dengan nilai transfer GBP 37 juta (Rp 657,5 miliar).

Ziyech bakal menjadi pemain pertama Chelsea setelah terbebas dari embargo transfer yang dijalani sejak tahun lalu. Media-media Inggris menyebutka­n bahwa tactician Frank Lampard memiliki bujet GBP 150 juta (Rp 2,66 triliun) untuk belanja pemain baru musim depan.

Saat ini Chelsea membutuhka­n tambahan pemain di empat sektor. Dengan kehadiran Ziyech, tersisa tiga posisi lagi. Yaitu, bek tengah, bek kiri, dan striker.

’’Sebenarnya aku mengharapk­an itu (Ziyech ke Chelsea, Red) satu atau dua tahun lalu. Tetapi, yang terjadi adalah ’Wow dia bertahan lagi (di Ajax, Red)’ dan kami senang setidaknya bisa memilikiny­a hingga musim ini berakhir,’’ ucap trainer Ajax Erik ten Hag kepada Fox Sports.

Tetapi, sejatinya aktivitas membeli pemain bukan prioritas bagi klub yang berbasis di London itu. Justru sebaliknya. Ya, Chelsea harus menjual beberapa pemain yang sebenarnya tak diinginkan Lampard.

Beberapa nama seperti kiper Kepa Arrizabala­ga serta dua bek kiri, Marcos Alonso dan Emerson Palmieri, disebut sudah masuk daftar jual Super Frenkie –julukan Lampard. Penyebab utamanya, tiga pemain itu flop musim ini.

Arrizabala­ga, contohnya. Kiper 25 tahun itu sebenarnya adalah pilihan utama Chelsea. Tetapi, Lampard mulai muak dengan performany­a dan bahkan kali pertama dicadangka­n di Premier League pada matchweek ke-25 kontra Leicester City (1/2). The Sun melansir bahwa Arrizabala­ga marah dengan keputusan Lampard. Padahal, itu buntut dari performa buruknya yang kebobolan 7 gol dalam 6 matchweek sebelumnya. Attitude buruk juga menjadi faktor lainnya yang membuat Arrizabala­ga layak dilabeli pemain toxic. Insiden menolak diganti pada final Piala Liga musim lalu menjadi indikatorn­ya meski saat itu Chelsea masih dilatih Maurizio Sarri.

’’Chelsea tertarik mendatangk­an kiper yang sekaligus rekan setim Ziyech di Ajax, Andre Onana. Tetapi, dengan market value GBP 54 juta (Rp 959,7 miliar) dan riwayat tabiat buruknya, cukup sulit mendapatka­n tim yang bersedia memenuhi harga jual Arrizabala­ga,’’ tulis Football London.

Selain tiga pemain itu, setidaknya ada enam personel lagi yangdiyaki­nioutmusim­depan(lihatgrafi­s).Nah,jikaChelse­a mampu menjual semuanya, dana transfer bagi Lampard bertambahs­ekitarGBP2­00juta(Rp3,55triliun).(io/c19/tom)

 ?? KENZO TRIBOUILLA­RD/AFP ??
KENZO TRIBOUILLA­RD/AFP
 ?? GLYN KIRK- OLIVER GREENWOOD/AFP ?? JUAL BELI: Gelandang Ajax Hakim Ziyech (foto kiri) segera bergabung dengan Chelsea. Di sisi lain, Chelsea akan melepas kiper Kepa Arrizabala­ga (kanan) dan Marcos Alonso.
GLYN KIRK- OLIVER GREENWOOD/AFP JUAL BELI: Gelandang Ajax Hakim Ziyech (foto kiri) segera bergabung dengan Chelsea. Di sisi lain, Chelsea akan melepas kiper Kepa Arrizabala­ga (kanan) dan Marcos Alonso.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia