Jawa Pos

Peluang Kunci Tiket Olimpiade

-

TASHKENT, Jawa Pos – Kejuaraan Angkat Besi Junior Asia bergulir mulai hari ini di Tashkent, Uzbekistan. Timnas angkat besi Indonesia punya misi superpenti­ng dalam kompetisi kali ini. Bukan cuma untuk berprestas­i, tetapi demi menyegel satu slot lagi di Olimpiade Tokyo 2020.

Kejuaraan yang berlangsun­g hingga 19 Februari mendatang itu punya level gold. Artinya, peluang meraup poin dalam babak kualifikas­i Olimpiade lebih tinggi. Di level junior ada Windy Cantika Aisah yang menjadi andalan di kelas 49 kilogram.

PB PABBSI memang pernah mengklaim telah meloloskan dua atlet untuk tampil di multievent terbesar dunia itu. Selain Windy, ada Eko Yuli Irawan dari kelas 61 kilogram yang dipastikan aman setelah mengikuti Internatio­nal

Fajr Cup awal bulan ini.

’’Yang jelas untuk Windy kalau hasil di sini lebih baik, posisi ke Olimpiade bisa dikunci.,” tutur pelatih pelatnas Dirdja Wihardja yang sedang mendamping­i tim di Tashkent. Saat ini, Windy berada di peringkat ketujuh dunia. Namun, ada tiga lifter Tiongkok yang berada di posisi atasnya. Dengan masingmasi­ng negara hanya diambil satu wakil, peringkat Windy bisa dihitung pada posisi kelima dunia.

Artinya, posisi tersebut sudah aman untuk terbang ke Tokyo. Namun, masih ada dua turnamen lagi untuk kualifikas­i Olimpiade. Untuk jaga-jaga agar tidak tergeser lifter lain, lebih aman Windy diturunkan pada turnamen di Tashkent ini.

Persiapan menuju kompetisi memang terbilang mepet. Usai SEA Games 2019 yang berlangsun­g di Manila, Filipina, pelatnas angkat besi sempat diliburkan. Intensitas latihan efektif hanya berkisar sebulan. Selain itu, tes angkatan yang rutin digelar tiap bulan belum terlaksana tahun ini.

Maka, total angkatan para lifter pelatnasma­sihmengacu­padahasil SEA Games 2019. Kala itu, Windy membukukan angkatan 190 kg denganperi­nciansnatc­h 86 kg dan clean and jerk 104 kg. Jika mampu mempertaha­nkan jumlah tersebut, setidaknya­diabisamen­gumpulkan 882.9017 poin. Itu akan menjadi tambahan yang bagus bagi Windy yang kini sudah mengantong­i 3.128.4452 poin.

”Kalau bisa mempertaha­nkan angkatan SEA Games, poinnya bertambahl­ebihlagi.Jadi,peringkat ke-9sampaike-14enggakbi­sakejar lagi. Posisinya aman di delapan besar,”paparDirdj­a.(feb/c6/cak)

 ?? CHANDRA SATWIKA/JAWA POS ?? PENUHI HARAPAN: Windy Cantika bakal turun di Kejuaraan Angkat Besi Junior Asia di Tashkent, Uzbekistan, demi menyegel satu tempat di Olimpiade 2020.
CHANDRA SATWIKA/JAWA POS PENUHI HARAPAN: Windy Cantika bakal turun di Kejuaraan Angkat Besi Junior Asia di Tashkent, Uzbekistan, demi menyegel satu tempat di Olimpiade 2020.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia