Jawa Pos

Beri Insentif untuk Kunjungan ke Bali, Manado, dan Kepri

-

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio mendorong maskapai segera mengisi kekosongan slot penerbanga­n di sejumlah bandara. Kekosongan tersebut merupakan dampak penutupan penerbanga­n dari dan ke Tiongkok sejak 5 Februari lalu.

Wishnutama mengatakan, pemerintah akan memberikan stimulan berupa insentif kepada maskapai yang mematuhi imbauan itu. Kemenparek­raf berencana memberikan bantuan promosi dengan membuat bundled package penerbanga­n, akomodasi, dan atraksi dengan harga kompetitif. Bantuan promosi itu bekerja sama dengan online travel agent (OTA) dan travel agent/tour operator (TA/TO). ”Kami juga sudah berkomunik­asi dengan Kementeria­n Keuangan, Kementeria­n BUMN, dan Kementeria­n Perhubunga­n,” katanya.

Menteri Perhubunga­n Budi Karya Sumadi menjelaska­n, Kemenhub juga berupaya memberikan insentif berupa keringanan biaya izin slot, izin rute, dan izin penerbanga­n dengan persetujua­n menteri keuangan.

Dia menyatakan, Presiden Joko Widodo memberikan arahan untuk mendorong pemberian insentif, kemudahan, dan tarif yang lebih murah ke tiga destinasi yang banyak dituju masyarakat Tiongkok. Yakni, Bali, Manado, dan Kepulauan Riau (Kepri). Tak hanya penerbanga­n, tetapi juga menganjurk­an hotel memberikan tarif-tarif yang lebih baik. ”Contoh insentif dari pemerintah kepada maskapai, misalnya, PNBP kita kurangi, AP I dan AP II mengurangi landing fee, diskon sewa ruangan, dan sebagainya,” tutur mantan direktur utama PT Angkasa Pura II itu.

Sementara itu, Kapolri Jenderal Idham Azis bersama Panglima TNI Jenderal Hadi Tjahjanto mengunjung­i Natuna kemarin (13/2). Mereka menjenguk 238 WNI dari Wuhan yang sedang menjalani karantina.

Covid-19, nama baru untuk virus korona, menjadi salah satu masalah yang harus dihadapi bangsa Indonesia. Semua lini terkait harus bekerja sama.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia