Jawa Pos

Telusuri Aset, Rapat Jiwasraya Tertutup

-

JAKARTA, Jawa Pos – Panitia Kerja (Panja) Jiwasraya di Komisi III DPR telah memanggil Kejaksaan Agung kemarin pagi (13/2). Panja menanyakan perkembang­an penyidikan, termasuk berapa dan siapa saja saksi yang sudah dimintai keterangan. Panja juga menanyakan update terkait barang-barang yang diblokir dan disita serta kemungkina­n pelebaran kasus dalam hal pengenaan pasal maupun tersangka baru.

Ketua Panja Komisi III Herman Herry menyatakan, rapat tersebut dilaksanak­an secara tertutup untuk melindungi informasii­nformasi krusial yang masih dalam proses penyidikan. ’’Ada hal-hal yang sifatnya masih rahasia penyidikan, termasuk penelusura­n aset. Sebab, jika dibuka, tidak ada jaminan bahwa ini akan melebar atau akan ada pihak yang menyembuny­ikan barang-barang itu,’’ jelas Herman di DPR kemarin.

Dia menambahka­n, panja mendesak Kejagung agar konsentras­i dalam menarik kembali uang yang sudah diambil dan diblokir. Dia menegaskan, sangat mungkin para tersangka melibatkan banyak institusi lain. ’’Yang saya maksudkan institusi adalah dunia perbankan, ini kejahatan. Jadi, kami ingin penyidik buka potensi-potensi ke mana saja,’’ lanjutnya.

Pemaparan di Panja Jiwasraya kemarin belum menghasilk­an informasi signifikan. Sebab, jaksa agung muda tindak pidana khusus (Jampidsus) masih diisi pelaksana harian. Belum ada pejabat definitif. Plh Jampidsus Ali Mukartono dinilai masih perlu menghadirk­an data-data yang lebih komprehens­if. Karena itu, panja akan memanggil lagi para pejabat Kejagung pada 26 Februari.

Herman memperkira­kan, ada pemanggila­n terhadap beberapa pihak lain. Tujuannya, melengkapi keterangan yang diberikan Kejagung pada rapat dengar selanjutny­a. Termasuk PPATK dan OJK. PPATK dipanggil terkait potensi pengembali­an uang dari transaksi dan rekening yang terlacak. Kemudian, OJK terkait konteks pengawasan yang kurang sehingga timbul kerugian sangat besar.

HERMAN HERRY

 ?? FIRDIA LISNAWATI/AP PHOTO ?? PERPANJANG LIBURAN: Turis Tiongkok menunggu perpanjang­an visa di Kantor Imigrasi Denpasar kemarin.
FIRDIA LISNAWATI/AP PHOTO PERPANJANG LIBURAN: Turis Tiongkok menunggu perpanjang­an visa di Kantor Imigrasi Denpasar kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia