Jawa Pos

Target Tuntaskan Tahap I pada April

-

SURABAYA, Jawa Pos – Pengerjaan flyover Teluk Lamong terus dikebut dan ditargetka­n selesai pada April nanti. Saat ini pengerjaan di section 1 yang mencapai 375 meter sudah rapi. Tahap terakhir adalah melapisi beton dengan aspal. Namun, pengaspala­n jalan tersebut menunggu section 2–4 sudah rampung

J

’’Jadi, nanti langsung satu pengerjaan,’’ ujar Manajer Konstruksi Proyek Flyover Teluk Lamong Masyaril.

Konstruksi section 2 sudah selesai. Selanjutny­a, flyover dilengkapi penerangan jalan umum (PJU) dan beberapa jaringan kabel serta pemasangan pipa. Section itu membentang sepanjang 450 meter yang melintas di atas wilayah Osowilangu­n. Pada bagian tersebut, jalan sepanjang 400 meter itu bakal melewati atas tol Surabaya–Gresik.

Pengerjaan juga dilakukan paralel di bagian section 3 dan 4. Aril mengungkap­kan bahwa bagian tersebut masih memiliki pekerjaan rumah (PR). Pada section 3, progres pengerjaan baru mencapai 60 persen. Saat ini mereka memasang deck slab atau lantai beton sebelum dilakukan pengaspala­n.

Di section 4, pihaknya masih memasang girder. Proses itu meliputi pemasangan balok girder ke atas penyangga tol. ’’Tinggal sepanjang 80 meter lagi,’’ tutur pria asal Sidoarjo tersebut.

Pengerjaan terus dikebut agar tidak molor lagi dari target awal, yakni tuntas pada 2019. Kendala saat ini memang bertarung dengan cuaca, terutama malam hari. ’’Kalau malam hujan, kami pasti berhenti. Tidak bisa lanjut dikerjakan,’’ kata Aril saat ditemui kemarin (13/2).

Secara umum, progres pengerjaan flyover sepanjang 1,95 km itu sudah mencapai 82 persen. Flyover memang direncanak­an dikerjakan sepanjang 2,4 km. ’’Sisanya, 0,45 km, memang masuk tahap kedua,’’ jelas Noor, perwakilan Pelindo 3 sebagai penggagas proyek. Nanti jalur flyover terhubung dengan JLLB.

 ?? RIANA SETIAWAN/JAWA POS ?? SEGERA RAMPUNG: Flyover Teluk Lamong di section 1, kawasan Osowilangu­n, tinggal menanti pengaspala­n.
RIANA SETIAWAN/JAWA POS SEGERA RAMPUNG: Flyover Teluk Lamong di section 1, kawasan Osowilangu­n, tinggal menanti pengaspala­n.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia