Jawa Pos

Partai Golkar Masih Berfokus pada Survei

-

MESKI nyaris tidak mempunyai daya tawar dan pilihan kuat, Partai Golkar masih saja bersikap santai dalam pilwali Oktober mendatang. Partai berlambang pohon beringin itu masih berfokus melakukan survei kandidat yang masuk dalam penjaringa­n.

Sebagaiman­a diketahui, ada dua nama yang masuk dalam penjaringa­n internal partai. Yakni, Zahrul Azhar As’ad alias Gus Hans dan Machfud Arifin. Partai masih ingin melihat elektabili­tas dan popularita­s dua tokoh tersebut. ’’Selama Februari ini, temanteman pengurus DPD kota/kabupaten sedang melakukan survei kandidat,’’ ujar Sekretaris DPD Golkar Jatim Sahat Tua Parlindung­an Simanjunta­k.

Sahat mengungkap­kan, memang hanya dua nama tersebut yang dikirim DPD Kota Surabaya ke DPD Jatim. Namun, dia memastikan proses yang berjalan di internal bakal objektif. Golkar, kata Sahat, tidak akan memandang siapa Gus Hans dan siapa Machfud. Yang dilihat adalah hasil survei nanti.

Meski begitu, dia mengakui bahwa pergerakan dua tokoh itu cukup masif dan intens turun ke masyarakat. Masingmasi­ng sudah memiliki tim yang samasama bergerak. ’’Tinggal nanti dilihat hasil surveinya seperti apa,’’ tuturnya.

Sahat yang saat ini juga menjabat Wasekjen DPP Partai Golkar menilai proses menuju pilwali Surabaya masih sangat panjang. Karena itu, partainya tidak ingin terburu-buru menentukan arah koalisi. ’’Koalisi itu pasti karena kami tidak bisa mengusung calon sendiri. Tetapi, arahnya ke mana itu nanti,’’ jelasnya.

Dia menilai kunjungan Machfud ke kantor DPD Kota Surabaya beberapa waktu lalu sebagai hal biasa. Siapa saja boleh berkunjung dalam rangka silaturahm­i maupun komunikasi. ’’Itu hal biasa dan ini masih sangat cair,’’ katanya.

Sahat menyatakan, rekomendas­i merupakan wewenang mutlak DPP. Termasuk arah koalisi. Sahat menilai koalisi beberapa partai sebagai hal biasa dan belum tentu utuh nanti. Golkar tetap menunggu keputusan DPP. ’’Itu yang bangun koalisi kan di tingkat Surabaya. Keputusann­ya tetap di DPP,’’ tandasnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia