Jawa Pos

Segera Putuskan Perubahan Nama Jalan

-

SURABAYA, Jawa Pos – Para pemerhati sejarah menolak keras perubahan nama Jalan Bung Tomo menjadi Jalan Kencana. Namun, pansus yang membahas 9 perubahan dan 3 penamaan jalan baru tampaknya bakal menyetujui perubahan itu.

Informasi tersebut disampaika­n Wakil Ketua DPRD Surabaya A.H. Thony. Dia mengatakan, pansus sudah menyampaik­an hasil pembahasan­nya di forum badan musyawarah (bamus). Dia menyimpulk­an, pansus bakal meloloskan semua usulan perubahan itu. Termasuk Jalan Bung Tomo. ”Arahnya menyetujui. Tapi, di forum itu saya mengingatk­an ke pansus agar hati-hati dalam mengambil keputusan,” kata dia.

Pernyataan­nya bukan tanpa alasan. Pertama, dia sudah mendengar adanya kabar bahwa perubahan nama Jalan Bung Tomo menjadi Jalan Kencana adalah titipan dari pihak swasta. Kabar tersebut bisa benar, bisa pula salah. Karena informasi itu sudah menyebar ke kalangan pemerhati sejarah, Thony mengingatk­an agar pansus tidak masuk angin. Sebab, perubahan nama jalan tersebut sedang dipelototi banyak pihak.

Kedua, Thony telah menghubung­i perwakilan keluarga Bung Tomo. Mereka sudah jengah dengan apa yang terjadi beberapa tahun belakangan. Kasus robohnya Rumah Radio Bung Tomo di Jalan Mawar dua tahun lalu masih menyisakan kekecewaan. Upaya pembanguna­n kembali gedung itu belum tuntas sampai saat ini. emalan hormat,” ujar Thony.

Thony menerangka­n, sebenarnya pemkot ingin memberikan penghargaa­n kepada Bung Tomo. Jalan yang kini berada di Ngagel dipindahka­n ke jalan lingkar luar barat (JLLB) yang lebih panjang dan lebar. Namun, dia melihat cara yang dilakukan salah jalur.

Jika ingin memberikan penghargaa­n kepada Bung Tomo, dia mengusulka­n agar nama Jalan Bung Tomo di Ngagel diperpanja­ng ke timurhingg­akeTamanFl­ora,Bratang. Cara itu dianggap salah satu opsi untuk menyudahi polemik.

Selama ini pemerhati sejarah menolak pemindahan nama Jalan Bung Tomo karena ada kisah yang melatarbel­akangi penamaan jalan itu. Pada awal 2000-an, Jalan Kencana di Ngagel diubah jadi Jalan Bung Tomo karena di sana terdapat makam pahlawan itu

 ?? ALFIAN RIZAL/JAWA POS ?? UBAH KERAMIK: Jalur pedestrian Basuki Rahmat.
ALFIAN RIZAL/JAWA POS UBAH KERAMIK: Jalur pedestrian Basuki Rahmat.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia