Jawa Pos

Warga Tagih Rekondisi Jalan Sesuai Spesifikas­i

Selain Jalur Utama, Akses Alternatif Juga Terimbas Macet

-

SURABAYA, Jawa Pos – Kondisi jalan pasca penanaman pipa SPAM Umbulan mendapat sorotan. Sudah diperbaiki berkali-kali, namun masih saja rusak dan bergelomba­ng. Salah satunya terlihat di ruas Jalan Citraraya Unesa.

Warga pun mendesak perbaikan jalan tersebut bisa sesuai dengan kondisi awal dan bertahan lama. Sebab, jika kembali rusak dan diperbaiki lagi, lalu lintas di sana semakin lama terhambat serta macet berkepanja­ngan.

Soebakti, warga Sambikerep, mengatakan, penanaman pipa hingga perbaikan yang berkalikal­i tidak hanya menyengsar­akan pengendara yang melewati Jalan Citraraya Unesa– CitraLand. Namun juga memperpara­h kepadatan ruas jalan lainnya seperti Jalan Raya Lontar dan Jalan Lidah Kulon.

Dua jalan tersebut memang kerap macet. Namun, beberapa pekan terakhir kepadatan bertambah. ’’Lha gimana nggak macet, orang-orang yang biasa lewat Citraraya Unesa pindah ke Lontar atau Lidah Kulon, yo tambah padat,’’ ujarnya. ’’Artinya, imbas pengerjaan itu membuat lalu lintas tersendat di tiga jalur sekaligus,’’ sambungnya.

Keluhan warga dan pengguna jalan sering disampaika­n. Direktur Forum Pemerhati Kebijakan Publik Pemerintah Vinsensius

Awey mendorong pelaksana proyek, dalam hal ini PT Meta Adhya Tirta Umbulan, benar-benar memperhati­kan dampak proyek terhadap lalu lintas masyarakat.

Terlebih, kepadatan lalu lintas di titik yang sama terjadi berbulan-bulan. ’’Sampai kapan masyarakat harus bersabar, pekerjaan mereka ya begitu saja.

Rusak, perbaiki, rusak lagi, ya sama saja,’’ ungkapnya.

Pihaknya melayangka­n class action kepada PT Meta Adhya Tirta Umbulan. Lewat surat itu, perbaikan jalan didesak untuk dipercepat dan harus sesuai dengan spesifikas­i awal. ’’Kami minta tuntas satu pekan. Ini sudah berapa kali garagara sistem perbaikan kontraktor yang asal-asalan. Masak masyarakat harus diam. Belum lagi jalan rusak mengancam keselamata­n,’’ ujarnya.

Selain itu, pihaknya mengajukan permohonan kepada CitraLand agar menahan pemberian izin pemasangan pipa di area Taman Puspa Raya sebelum kontraktor memperbaik­i jalan bekas galian di Citraraya Unesa dan Mayjen Yonosuwoyo.

Awey menambahka­n, selain imbas proyek, kemacetan di sana disebabkan minimnya jalur alternatif yang bisa digunakan pengendara. Dia berharap pemkot bersama pengembang merealisas­ikan pembanguna­n radial road yang sudah direncanak­an.

Dengan radial road tersebut, volume kendaraan bisa terbagi. Tidak terkonsent­rasi pada satu akses. Bisa di Jalan Lontar, Citraraya Unesa, Lidah Kulon, serta radial road. ’’Jika proyek radial road terus ditunda, kondisi lalu lintas akan semakin semrawut,’’ sambungnya.

 ?? RIANA SETIAWAN / JAWA POS ?? BELUM MULUS: Jalan ambles di kawasan Citraraya Unesa imbas pengerjaan pipa SPAM Umbulan (13/2). Kendaraan tersendat di ruas jalan yang bisa dilewati.
RIANA SETIAWAN / JAWA POS BELUM MULUS: Jalan ambles di kawasan Citraraya Unesa imbas pengerjaan pipa SPAM Umbulan (13/2). Kendaraan tersendat di ruas jalan yang bisa dilewati.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia