Jawa Pos

Lidah Mertua Netralisas­i Asap Rokok

-

SURABAYA, Jawa Pos – Jumlah kasus kanker paru-paru terus meningkat. Salah satu penyebabny­a adalah asap rokok. Karena itu, tiga mahasiswa Universita­s Muhammadiy­ah (UM) Surabaya pun menciptaka­n cigarettes control spray untuk menetralis­asi asap rokok.

Mereka adalah Fonda Nissa Amanah Milleniar, Muhammad Isror Fanani, dan Rike Agustian. Ketiganya adalah mahasiswa prodi teknologi laboratori­um medik fakultas ilmu kesehatan.

Nissa mengatakan, jumlah perokok aktif kian meningkat. Asap rokok yang dihasilkan tersebut tidak hanya berdampak pada kesehatan si perokok aktif, tetapi juga perokok pasif. ”Kebetulan bapak saya perokok. Jadi, saya dan tim ingin membuat penetralis­asi asap rokok agar mengurangi dampak negatif terhadap kesehatan,” katanya kemarin.

Nissa menambahka­n, bahan utama yang digunakan adalah lidah mertua. Sebab, tanaman tersebut bersifat antipoluta­n yang dapat mengurangi polusi udara. Timnya mencoba mengolah bahan itu sebagai spray. ”Cara membuatnya juga cukup mudah,” ujarnya.

Lidah mertua yang sudah dicuci dipotong-potong kecil. Kemudian, dijemur hingga kering. Lalu, tanaman yang kering tersebut dihaluskan, selanjutny­a direndam dengan alkohol 96 persen selama 3–5 hari. ”Fungsinya untuk mengeluark­an senyawa aktif pregnane glikosid,” paparnya. Setelah itu dievaporas­i, proses penguapan alkohol. Hasil tersebut kemudian diuji coba dengan disemprotk­an ke ruangan. Lalu, dicek dengan kualitas pengukur udara. ”Sebelumnya, kami ukur pakai spektrum sebelum dipapari asap rokok dan setelah dipapari asap rokok. Hasilnya, dapat mengurangi polusi dari asap rokok,” ujarnya.

Nissa mengatakan, rencana ke depan hasil percobaan itu dikembangk­an dalam bentuk yang lebih praktis. ”Biar bisa diletakkan di dalam mobil atau ruangan,” katanya.

 ?? ROBERTUS RISKY/JAWA POS ?? KURANGI RISIKO PEROKOK PASIF: Muhammad Isror dan Nissa Amanah m e n g olah lidah mertua menjadi cigarettes control spray di Laboratori­um Kimia UM Surabaya kemarin.
ROBERTUS RISKY/JAWA POS KURANGI RISIKO PEROKOK PASIF: Muhammad Isror dan Nissa Amanah m e n g olah lidah mertua menjadi cigarettes control spray di Laboratori­um Kimia UM Surabaya kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia