Jawa Pos

Tambah Gubes Bidang Matematika dan Filsafat

-

SURABAYA, Jawa Pos – Jumlah guru besar (gubes) Universita­s Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya sudah lebih dari 40 orang. Gubes ke-41 adalah Prof Dr Kusaeri MPd. Dialah gubes bidang evaluasi pembelajar­an matematika pada fakultas tarbiyah dan keguruan. Prof Dr Biyanto MAg adalah gubes ke-42. Dia merupakan gubes di bidang filsafat fakultas ushuluddin dan filsafat (FUF).

Keduanya dikukuhkan kemarin (13/2). Rektor UINSA Prof Masdar Hilmy menuturkan bahwa pengukuhan itu melengkapi jajaran guru besar di UINSA. ’’Beliau berdua ini adalah guru besar urutan ke-61 dan 62. Namun, karena beberapa guru besar memang sudah tua dan ada yang meninggal, mereka saat ini hitunganny­a sebagai guru besar ke41 dan 42. Tentu kami menyambut dengan senang dan penuh kebanggaan,’’ ujarnya.

Sebelum dikukuhkan, keduanya menyampaik­an orasi ilmiah di depan rapat terbuka senat. Kusaeri membacakan intisari hasil penelitian­nya yang berjudul Reorientas­i Penilaian Pembelajar­an Matematika: Dulu, Kini, dan Mendatang. Dia menjelaska­n bahwa pengangkat­an tema itu dilatarbel­akangi gebrakan Mendikbud Nadiem Makarim tentang Kampus Merdeka.

’’Sebagai orang yang beberapa tahun turun langsung mendamping­i teman-teman guru dan dosen dalam menyusun soal, baik soal untuk evaluasi, seleksi, maupun kompetisi, saya dituntut untuk kembali merumuskan bagaimana semestinya belajar merdeka matematika,’’ paparnya.

Sementara itu, Biyanto memaparkan orasi ilmiah bertajuk Antara Deradikali­sasi dan Moderasi: Perspektif Filsafat Kritik Ideologi. Dia menjelaska­n bahwa program-program deradikali­sasi dan moderasi samasama digunakan untuk melakukan kontratero­risme. ’’Maka, penting menelaah dua model strategi tersebut dengan perspektif yang lebih utuh. Salah satu pilihan perspektif yang dapat dipakai adalah filsafat kritik ideologi. Itu penting digunakan untuk melihat akar ideologi gerakan radikalism­e dan kepentinga­n yang menyertain­ya,’’ tutur asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) 2010 hingga kini tersebut.

 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ?? DIPTA WAHYU/JAWA POS ?? RESMI: Rektor UINSA Prof Masdar Hilmy mengukuhka­n Prof Dr Kusaeri MPd sebagai gubes kemarin. Di belakangny­a ada Prof Dr Biyanto MAg.
DIPTA WAHYU/JAWA POS RESMI: Rektor UINSA Prof Masdar Hilmy mengukuhka­n Prof Dr Kusaeri MPd sebagai gubes kemarin. Di belakangny­a ada Prof Dr Biyanto MAg.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia