Jawa Pos

Minta Polisi Periksa Pelaku

Keluarga Bocah Dapat Dukungan Ombudsman Jatim

-

SIDOARJO, Jawa Pos – Keluarga bocah Hafid, korban penculikan di Kedungrejo, Waru, tak menyerah. Mereka terus mendesak polisi mengambil tindakan tegas untuk memeriksa dan menangkap Ari Irawan alias Boncu.

Harapan itu disampaika­n kakek Hafid, Toyib, kemarin (13/2). Dia yakin Boncu sudah berniat menculik cucu kesayangan­nya. Ada sejumlah bukti yang mendukung pendapat Toyib. Pertama, selepas dari Pacet, Boncu tidak memulangka­n Hafid. Lelaki asal Sukodono itu justru mengajak Hafid ke Taman Bungkul, Surabaya. ’’Seharusnya dipulangka­n. Sudah larut malam,’’ paparnya.

Boncu juga tak memberi tahu keluarga bahwa Hafid diajak ke Taman Bungkul. Dia hanya meminta izin mengajak jalan-jalan bocah 8 tahun tersebut ke Pacet. ’’Boncu berbohong,’’ ujar Toyib.

Alasan kedua, Boncu dianggap menelantar­kan Hafid. Sebab, menurut pengakuan Hafid,

Boncu hanya mengajak jalanjalan. ’’Cucu saya tidak dibelikan makanan. Ditawari minum juga tidak,’’ ungkapnya.

Indikasi ketiga, Toyib dengar Boncu sudah menyiapkan tiga paspor. Toyib menduga cucunya hendak dibawa kabur ke luar negeri. Keluarga sudah meminta bantuan Ombudsman Jatim. Ombudsman menyatakan siap membantu mendamping­i Toyib.

Menurut dia, Ombudsman memberikan waktu tiga hari bagi Polsek Waru. Polisi diminta segera memeriksa Boncu. ’’Jika tiga hari Boncu tidak diperiksa, Ombudsman memanggil Polsek Waru,’’ jelasnya.

Sebelumnya diberitaka­n, Hafid diduga hendak diculik Boncu. Siswa kelas II SD itu dibawa kabur ke Pacet dan Taman Bungkul. Untungnya, saat berada di Taman Bungkul, Boncu tertangkap Satpol PP Surabaya.

Kasus tersebut ditangani Polsek Waru. Namun, sampai saat ini, belum ada kejelasan. Hafid sudah ditanyai. Sebaliknya, pelaku dibiarkan.

Di sisi lain, ketika dimintai konfirmasi, Kapolsek Waru Kompol Saibani enggan menjawab.

 ?? FIRMA ZUHDI/JAWA POS ?? MASIH DIGARAP: Pekerja proyek menyiapkan pagar pembatas (guard rail) agar kendaraan tidak terperosok jatuh ke sisi overpass Wage.
FIRMA ZUHDI/JAWA POS MASIH DIGARAP: Pekerja proyek menyiapkan pagar pembatas (guard rail) agar kendaraan tidak terperosok jatuh ke sisi overpass Wage.
 ?? DOK JAWA POS ?? SAYANG CUCU: Toyib menunjukka­n laporan keluargany­a ke Polsek Waru.
DOK JAWA POS SAYANG CUCU: Toyib menunjukka­n laporan keluargany­a ke Polsek Waru.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia