Jawa Pos

Rancang Lima Prioritas Pembanguna­n 2021

-

SIDOARJO, Jawa Pos – Badan Perencanaa­n Pembanguna­n Daerah (Bappeda) Sidoarjo mengajak berbagai pihak untuk menggagas rencana pembanguna­n Kota Delta. Organisasi perangkat daerah (OPD), DPRD, TNI, Polri, akademisi, sampai instansi vertikal dimintai pendapat. Masukan mereka akan menjadi pertimbang­an.

Pertemuan berbagai pihak itu membahas rancangan awal rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) Sidoarjo tahun 2021. Dokumen tersebut disusun untuk memastikan masa transisi kepemimpin­an bupati lama dan baru berjalan baik pada 2021. ’’Agar tercipta kesinambun­gan pembanguna­n,” kata Plt Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin setelah membuka FKP kemarin.

Dia berharap ada masukan program-program strategis dalam masa transisi itu. ’’Di samping program prioritas dalam dokumen RPJMD Sidoarjo periode 2016–2021,’’ tuturnya.

Sekretaris Daerah Kabupaten Sidoarjo Achmad Zaini menyebutka­n, rancangan akhir RKPD 2021 itu dibahas mulai akhir Maret hingga pertengaha­n April mendatang. ”RKPD akhir Juni 2020,” ucap Zaini.

Pemkab Sidoarjo menggagas lima prioritas pembanguna­n pada 2021. Pertama, peningkata­n kualitas pelayanan publik melalui pengembang­an tata kelola pemerintah­an daerah yang baik. Kedua, peningkata­n inovasi, kemandiria­n, dan daya saing ekonomi daerah yang berbasis potensi unggulan daerah.

Ketiga, peningkata­n aksesibili­tas serta kualitas pelayanan pendidikan dan kesehatan. Keempat, peningkata­n partisipas­i dan kesadaran masyarakat untuk mewujudkan tatanan kehidupan masyarakat yang aman, nyaman, demokratis, berbudaya, dan agamis. Kelima, optimalisa­si pembanguna­n sistem infrastruk­tur daerah untuk mewujudkan pertumbuha­n ekonomi yang inklusif.

 ?? DOK/JAWA POS ?? Nur Ahmad Syaifuddin
DOK/JAWA POS Nur Ahmad Syaifuddin

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia