Jawa Pos

Overpass Baru Wage Ditutup Sementara

-

SIDOARJO, Jawa Pos – Jembatan layang

baru di Wage ditutup lagi. Meski konstruksi jembatan sudah selesai, Balai Besar Pelaksanaa­n Jalan Nasional (BBPJN) VIII masih menyelesai­kan pemasangan pembatas jalan. Akses menuju overpass juga akan dilebarkan. Masih ada bangunan liar.

Selama ini akses menuju overpass kurang lebar. Belum sejajar dengan mulut overpass. Karena itu, pengguna jalan harus sedikit berbelok sebelum naik ke overpass. Adanya tanjakan tentu menyulitka­n pengguna jalan. ”Jadi, nanti jalannya lurus antara tanjakan dan overpass. Setelah itu, baru uji layak fungsi,” jelas Kasi Pembanguna­n BBPJN VIII Sigit Maladi kemarin.

Selain itu, lanjut Sigit, menunggu penertiban 12 bangunan liar pertokoan di sisi barat overpass. Sebenarnya, ada kesepakata­n antara PT Jasa Marga dan penghuni bangunan tersebut. Kemarin (13/2) bangunan harus dikosongka­n. Petugas pun bisa mulai membongkar kemarin.

Ternyata, saat tim datang, bangunan tersebut belum kosong. Bahkan masih digunakan. Pembongkar­an pun dibatalkan. ”Dua minggu lalu minta waktu sampai hari ini (kemarin, Red), ” ujar petugas Bagian Aset dan Logistik Jasa Marga Wilayah Surabaya Gempol Ahmad Purwiji.

Namun, ternyata pengguna bangunan di lahan milik Kementeria­n PUPR itu minta pengukuran. Mereka beralasan agar yakin lahan mana saja yang milik PUPR. ”Karena mengakomod­asi warga, kami tunda penertiban­nya,” tambah Saiful Aslihu, petugas jasa marga. Posisi 12 bangunan tersebut membuat akses masuk ke overpass tidak lurus. Harus ada belokan.

”Penertiban­nya juga menunggu kesiapan banyak pihak. Dari polresta dan lainnya,” katanya. Karena akses overpass kerap macet, BBPJN berharap pengerjaan jembatan tersebut cepat selesai. Sigit berupaya agar overpass bisa segera dioperasik­an. Tidak sampai satu bulan. ”Harapannya begitu,” katanya.

 ?? FIRMA ZUHDI/JAWA POS ?? MAHAL DAN LANGKA: Masker yang harganya terus naik karena stok berkurang.
FIRMA ZUHDI/JAWA POS MAHAL DAN LANGKA: Masker yang harganya terus naik karena stok berkurang.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia