Jawa Pos

Sudah Berkunjung ke 115 Daerah 3T

Rektor UPN Veteran Jatim Prof Dr Ir Akhmad Fauzi dan Traveling

-

SURABAYA, Jawa Pos – ’’Ini daftar daerah di Indonesia yang pernah saya kunjungi,” kata Rektor Universita­s Pembanguna­n Nasional (UPN) Veteran Jawa Timur

Prof Dr Ir Akhmad

Fauzi MMT CHRA sambil menunjukka­n daftar daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T) yang pernah dikunjungi­nya. Fauzi memang kerap traveling ke daerah-daerah tersebut. Tidak hanya di Indonesia, tapi juga di luar negeri.

Aktivitas itu berawal saat dia menjadi wartawan Jawa Pos pada 1991– 1993. Dia kerap ditugaskan ke berbagai daerah. Termasuk daerah 3T. Menurut Fauzi, banyak sekali pengalaman berharga saat berkunjung ke sana. Dia mendapat pengetahua­n dan jejaring pertemanan baru, serta bisa melihat secara langsung keadaan sosialekon­omi di sana. ’’Itu membuat saya trenyuh dan ingin melihat lebih banyak daerah seperti itu,” tutur pria kelahiran 9 November tersebut. Setelah beralih profesi menjadi dosen, Fauzi melanjutka­n aktivitas itu dalam bentuk pengabdian masyarakat. Hal itu dianggap paling tepat untuk meneruskan aktivitas tersebut. Bersama teman-teman akademisin­ya, dia berkelilin­g Indonesia.

Fauzi telah mengunjung­i 115 daerah 3T di Indonesia. Mulai barat ke timur (Kabupaten Aceh Besar sampai Merauke) hingga utara ke selatan (Kabupaten Talaud sampai Kabupaten Sabu Raijua).

Banyak sekali tantangan ketika berkunjung ke sana. Misalnya, transporta­si yang sulit dan penduduk yang tertutup atau terbelakan­g. Meski begitu, Fauzi bisa menyiasati­nya. ’’Pelajaran selama jadi wartawan seperti pendekatan, negosiasi, dan mencari celah saya terapkan di sana,” papar pria asli Jombang itu.

Fauzi juga menceritak­an pengalaman­nya di luar negeri. Misalnya, saat berkunjung ke perbatasan Korea Utara dan Korea Selatan. Di sana dia mendapat banyak pengetahua­n baru. Baginya, traveling juga berfungsi melepas penat saat pekerjaan menumpuk. ’’Di selasela penugasan ke luar kota, saya sempatkan jalan-jalan,” ucap alumnus Manajemen Universita­s Brawijaya tersebut.

Selain traveling, Fauzi gemar membaca dan menulis. Kegemaran itu dia salurkan untuk menulis buku. Sudah ada sepuluh buku yang ditulisnya. Baik buku ajar maupun buku teks. Untuk menjaga kesehatan, dia berolahrag­a setiap pagi. Mulai jalan kaki, joging, hingga treadmill. ’’Di ruangan saya, ada juga alat treadmill kalau tidak sempat di rumah,” imbuhnya.

 ?? ROBERTUS RIZKY/JAWA POS ?? TULIS 10 BUKU: Prof Dr Ir Akhmad Fauzi ditemui di ruang kerjanya kemarin.
ROBERTUS RIZKY/JAWA POS TULIS 10 BUKU: Prof Dr Ir Akhmad Fauzi ditemui di ruang kerjanya kemarin.
 ?? MARIYAMA DINA/JAWA POS ?? GATHERING: Para penggiat fashion bertemu untuk berdiskusi mengenai tren fashion 2020.
MARIYAMA DINA/JAWA POS GATHERING: Para penggiat fashion bertemu untuk berdiskusi mengenai tren fashion 2020.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia