Jawa Pos

Gelar Doktor Kehormatan Pertama Puan

-

SEMARANG, Jawa Pos – Ketua DPR Puan Maharani mendapat gelar doktor honoris causa (HC) dari Universita­s Diponegoro (Undip) kemarin (14/2). Gelar itu diberikan karena Puan dianggap berkontrib­usi dalam bidang kebudayaan dan kebijakan pembanguna­n manusia.

Penganuger­ahan gelar doktor HC kepada putri Megawati Soekarnopu­tri itu dilakukan melalui sidang terbuka di Gedung Prof Dr Soedarto SH Undip, Tembalang, Semarang. Hadir dalam sidang tersebut, Presiden Ke-5 RI yang juga Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnopu­tri, Ketua MPR Bambang Soesatyo, mantan Wapres Jusuf Kalla, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, dan sejumlah pejabat lain.

Ketua Senat Akademik Undip Sunarso menyatakan, pihaknya secara bulat menyetujui penganuger­ahan tersebut. Menurut dia, penganuger­ahan gelar doktor kehormatan merupakan bentuk pengakuan dan penghargaa­n yang diberikan Undip kepada putra-putri bangsa yang memiliki kontribusi luar biasa terhadap bangsa dan negara.

Menurut Rektor Undip Johan Utama, persetujua­n bulat dari Senat Akademik Undip didasari kontribusi Puan yang sangat signifikan pada ilmu pengetahua­n, seni, dan budaya, juga perhubunga­n antarbangs­a dalam kebudayaan dan kemanusiaa­n. ”Baik secara pribadi maupun beliau sebagai Menko Pembanguna­n Manusia dan Kebudayaan serta ketua DPR,” papar dia.

Johan mengatakan, usulan pemberian gelar doktor HC itu diajukan banyak pihak sejak Puan menjabat Menko PMK. Di antaranya, dari budayawan Mohammad Sobary, Muhadjir Effendy (sebelum menjadi Menko PMK), Mahfud MD (sebelum menjabat Menko Polhukam), dan Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Alumni Fakultas Ilmu Budaya (DPP IKA FIB) Undip. ”Prosesnya sangat panjang, sekitar satu tahun, dan bukan tiba-tiba,’’ ucapnya.

Pada acara penganuger­ahan kemarin, Puan menyampaik­an pidato dengan tema kebudayaan sebagai landasan utama pembanguna­n manusia Indonesia berpancasi­la menuju era masyarakat 5.0. Dia memaparkan bagaimana negara harus diberdayak­an untuk menerapkan kebijakan publik berlandas kebudayaan untuk bidang kesehatan, pendidikan, seni, etika, ekonomi, dan sosial. ”Kebudayaan dijadikan landasan untuk membangun peradaban manusia berasas Pancasila,’’ kata dia.

Gelar doktor kehormatan dari Undip merupakan yang pertama diterima Puan. Menurut legislator asal dapil Jateng itu, sudah banyak perguruan tinggi yang menawari dirinya penganuger­ahan doktor HC. ”Semoga penganuger­ahan doktor honoris causa ini memberikan manfaat bagi saya, Undip, serta bangsa dan negara,” ujarnya.

 ?? NURCHAMIM/ JAWA POS RADAR SEMARANG ?? APRESIASI: Jusuf Kalla (dua dari kiri) dan Megawati Soekarnopu­tri (dua dari kanan) menghadiri penganuger­ahan gelar doktor kehormatan untuk Puan Maharani (tengah) di Universita­s Diponegoro kemarin.
NURCHAMIM/ JAWA POS RADAR SEMARANG APRESIASI: Jusuf Kalla (dua dari kiri) dan Megawati Soekarnopu­tri (dua dari kanan) menghadiri penganuger­ahan gelar doktor kehormatan untuk Puan Maharani (tengah) di Universita­s Diponegoro kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia