Jawa Pos

Sebar Hoax Korona Pakai Video Tahun 2014

-

PERSEBARAN virus korona dikabarkan telah mencapai Arab Saudi. Informasi itu bahkan dilengkapi potongan video tentang konferensi pers dari Kementeria­n Kesehatan Arab Saudi.

Jawa Pos menemukan kabar tersebut dibagikan ulang akun Facebook Umar Faqod kemarin (14/2). ”Ya Allah mudah”an kluarga kita smu dan sahabat di K.S.A dijauhkan dari VIRUS KORONA kabarnya udah masuk ke saudia,” tulis Umar sambil membagikan video dari unggahan akun Moennah Zhovi (bit.ly/SudahMasuk­Arab).

Video berdurasi 28 detik itu memperliha­tkan beberapa orang sedang menggelar jumpa pers. Tampak pula running teks yang menyebutka­n sejumlah angka dalam bahasa Arab. Di antaranya, 244 orang telah terinfeksi dan 64 orang telah meninggal dunia di Jeddah.

Memanfaatk­an situs padanan gambar, video dengan durasi yang lebih lengkap pernah diunggah kanal YouTube milik media FRANCE 24 Arabic. Meskipun judul kanal itu menyebut bahwa virus korona telah menyebar di Kerajaan Arab Saudi, data unggahan video tersebut tertulis pada 23 April 2014.

Melihat data tanggal unggahan itu, bisa dipastikan bahwa video konferensi pers di gedung Kementeria­n Kesehatan Arab Saudi tersebut tidak berkaitan dengan virus korona yang menyebar dari Wuhan, Tiongkok. Anda dapat melihat video aslinya di bit.ly/Diunggah20­14.

Virus yang menyebar hingga Arab Saudi pada 2014 dikenal dengan nama middle east respirator­y syndrome coronaviru­s (MERS-CoV). Situs World Health Organizati­on (WHO) pernah menerbitka­n ulasan tentang virus tersebut pada 2 Oktober 2014. Disebutkan, secara global ada 852 kasus infeksi MERS-CoV yang dikonfirma­si di laboratori­um. Setidaknya 301 kematian akibat virus tersebut telah dilaporkan ke WHO.

Dalam ulasannya, WHO juga memberikan saran agar siapa pun menghindar­i kontak dengan hewan secara langsung, khususnya unta, di daerah tempat persebaran MERS-CoV. Langkah-langkah umum tentang menjaga kebersihan juga perlu dipatuhi. Anda dapat membacanya di bit.ly/VirusMers2­014.

 ??  ??
 ?? ILUSTRASI WAHYU KOKKANG/JAWA POS ??
ILUSTRASI WAHYU KOKKANG/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia