Jawa Pos

Pesan Tiket Dulu, Pulang Kampung Kemudian

-

SURABAYA, Jawa Pos – PT Kereta Api Indonesia (Persero) menjual tiket reguler masa angkutan Lebaran 1441 H sejak kemarin (14/2). Masyarakat bisa memesan tiket untuk keberangka­tan H-10 Lebaran atau 14 Mei 2020, dan seterusnya. Tahun ini, kenaikan penumpang Lebaran diramalkan lebih tinggi ketimbang tahun lalu yang tercatat 12 persen.

Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro

mengatakan, tiket Lebaran tersedia di situs KAI, aplikasi KAI Access, dan seluruh gerai penjualan resmi KAI lainnya. Dia mengimbau para calon penumpang agar teliti meng-input tanggal, rute, dan data diri saat melakukan pemesanan. ’’Jangan sampai keliru dan akhirnya tidak bisa berangkat mudik,” terangnya kemarin.

Untuk mengantisi­pasi peningkata­n kunjungan ke situs KAI,

Edi menuturkan bahwa perseroan telah menambah kapasitas server dan bandwidth. Kemarin, kapasitasn­ya dua kali lipat lebih banyak ketimbang hari biasa. ’’Supaya proses pemesanan tiket di semua channel lancar,” ujarnya.

Sebagai armada Lebaran tahun ini, akan ada 33 KA reguler jarak jauh/menengah yang berangkat dari wilayah PT KAI Daop 8 Surabaya. Itu terdiri atas 8 kereta api (KA) eksekutif dengan kapasitas 3.338 tempat duduk, 11 KA ekonomi berkapasit­as 8.526 tempat duduk, dan 14 KA campuran dengan kapasitas 7.984 tempat duduk. Total 19.848 tempat duduk.

Sementara itu, bakal ada delapan KA reguler jarak jauh/menengah yang melintas di wilayah PT KAI Daop 8 Surabaya. Terdiri atas 2 KA ekonomi berkapasit­as 1.272 tempat duduk dan 6 KA campuran dengan kapasitas 3.664 tempat duduk.

Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya Suprapto menambahka­n, momen Lebaran selalu diwarnai lonjakan penumpang. Tahun lalu, jumlah penumpang selama masa Lebaran naik 12 persen jika dibandingk­an dengan 2018. ’’Karena itu, kami optimalkan sistem penjualan tiket tahun ini. Sebagai antisipasi,” paparnya.

 ?? ROBERTUS RISKY/JAWA POS ?? MUDIK: Kepadatan penumpang di Stasiun Gubeng Lama, Surabaya, menjelang Lebaran tahun lalu. Mulai kemarin, PT KAI menjual tiket Lebaran yang akan jatuh Mei mendatang.
ROBERTUS RISKY/JAWA POS MUDIK: Kepadatan penumpang di Stasiun Gubeng Lama, Surabaya, menjelang Lebaran tahun lalu. Mulai kemarin, PT KAI menjual tiket Lebaran yang akan jatuh Mei mendatang.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia