Jawa Pos

Arek Mojokerto di Skuad Sabah

-

BUKAN hanya Kurniawan Dwi Yulianto orang Indonesia di Sabah FA. Di kesebelasa­n asal Kota Kinabalu, Malaysia, itu, juga ada orang Indonesia lainnya. Namanya Sofie Imam Faizal. Jika Kurniawan menempatip­osisi pelatih, S o f i e adalah asisten pelatih asal Magelang tersebut. Tepatnya, posisi S o f i e adalah pelatih fisik Sabah FA.

Sofie merupakan pelatih asal Mojokerto. Dia diikat kontrak tim promosi Liga Super Malaysia itu dengan durasi satu musim. ”Ini kesempatan yang luar biasa bagi saya berkarir di luar Indonesia. Karena itu, begitu manajemen Sabah menawari saya bergabung pada akhir tahun lalu, saya langsung menerimany­a,” ungkap dia.

Alumnus Fakultas Ilmu Keolahraga­an Universita­s Negeri Malang tersebut sejatinya ingin berkarir di Indonesia. Setelah membantu Fachri Husaini di tim nasional (timnas) U-19, Sofie sebenarnya berkomunik­asi dengan beberapa tim di tanah air. Tapi, tiba-tiba masuk tawaran dari Sabah.

Bukan persoalan nilai kontrak yang membuat Sofie akhirnya memutuskan memilih menyeberan­g ke negeri jiran. Seperti yang dia utarakan sebelumnya, kesempatan berkarir di luar negeri yang mendasarin­ya terbang ke Sabah FA. Apalagi, lisensinya sudah sesuai dengan regulasi kompetisi di Liga Super Malaysia.

Dengan berkarir di kompetisi luar negeri, Sofie ingin mengembang­kan diri. Dia yakin akan mendapatka­n banyak tambahan ilmu dengan keberadaan­nya di Malaysia. ”Saya sendiri sebenarnya tidak terlalu asing dengan sepak bola Malaysia. Kebetulan saya mengambil lisensi pelatih fisik di Malaysia,” terangnya.

Dua kali mantan pelatih fisik Persiba Balikpapan tersebut mengikuti kursus kepelatiha­n yang digelar Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM). Yang pertama dijalani pada 2018. Saat itu Sofie mengikuti kursus AFC Fitness Level 1A. Setahun berikutnya, pria31tahu­ntersebutm­engambil kursus AFC Fitness Level 1B. Sofie pun berharap bisa mengikuti kursus level 2A di Malaysia.

”Mudah-mudahan saya bisa memberikan kontribusi maksimal di tim ini. Apalagi, di Sabah FA saya bekerja sama dengan coach Kurniawan, salah satu nama hebat di sepak bola Indonesia,” harap Sofie.

 ?? ANGGER BONDAN/JAWA POS ?? MERANTAU: Sofie Imam saat memimpin sesi latihan fisik di kompleks Gajayana, Malang.
ANGGER BONDAN/JAWA POS MERANTAU: Sofie Imam saat memimpin sesi latihan fisik di kompleks Gajayana, Malang.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia