Jawa Pos

Cantika Borong Tiga Emas

-

TASHKENT, Jawa Pos – Lifter muda Windy Cantika Aisah langsung ngegas dalam Asian Junior Championsh­ip 2020. Dalam kejuaraan yang digelar di Tashkent, Uzbekistan, tersebut, Cantika memborong tiga emas. Turun di kelas 49 kg, Cantika unggul jauh dari para pesaingnya. Dia mencatat angkatan snatch 85 kg, clean and jerk 100 kg, dan total 185 kg.

Angka itu turun jika dibandingk­an dengan raihannya di SEA Games 2019. Di Filipina, Cantika berhasil membukukan angkatan snatch 86 kg, clean and jerk 104 kg, dan total 190 kg. Kemarin dia memang gagal pada angkatan snatch ketiga 87 kg. Lalu, di clean and jerk, lifter 17 tahun tersebut hanya berhasil pada kesempatan pertama. Dia gagal pada angkatan 105 kg dan 106 kg.

Pelatih Dirdja Wihardja tetap mengapresi­asi raihan Cantika kali ini. ’’Hasil ini luar biasa,’’ kata Dirdja tadi malam. ’’Level kejuaraan ini lebih bergengsi daripada SEA Games. Untuk SEA Games kemarin, levelnya hanya silver. Yang ini gold. Poin untuk meraih tiket Olimpiade Tokyo 2020 tentu semakin terbuka,’’ lanjutnya.

Saat ini Cantika menduduki peringkat ketujuh di klasemen kualifikas­i Olimpiade 2020. Ada tiga lifter Tiongkok yang berada di atasnya. Karena di setiap negara hanya diambil satu lifter, posisi Cantika naik ke peringkat kelima. Dengan hasil itu, Cantika dipastikan makin dekat ke Tokyo. ’’Kayaknya sekarang aman. Dia (Cantika) on the track sejak SEA Games,’’ imbuh Dirdja.

Cantika masih punya kesempatan untuk menambah poin. Ada dua kejuaraan besar di depan mata. Pertama, IWF Junior Championsh­ip yang berlangsun­g pada 14–21 Maret di Bukares, Rumania. Dia juga bakal turun dalam Asian Championsh­ip 2020 yang berlangsun­g pada 16–25 April di Nur Sultan, Kazakhstan.

 ?? DIPTA WAHYU/JAWA POS ?? SUPERGIRL: Windy Cantika Aisah saat juara SEA Games 2019. Kemarin dia meraih emas di kejuaraan Asia junior.
DIPTA WAHYU/JAWA POS SUPERGIRL: Windy Cantika Aisah saat juara SEA Games 2019. Kemarin dia meraih emas di kejuaraan Asia junior.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia