Jawa Pos

GP Tiongkok Mundur November

- W11 Mengaspal di Silverston­e

BEIJING, Jawa Pos – Teka-teki tentang jadi tidaknya GP Tiongkok digelar musim ini akhirnya terjawab. Formula 1 memutuskan untuk memundurka­n balapan yang tertunda akibat mewabahnya virus korona itu sampai akhir tahun. Tepatnya 22 November mendatang. Formatnya pun bakal disederhan­akan.

’’Merespons keputusan WHO terkait virus korona yang menjadi status darurat kesehatan global, Formula 1 dan pihak-pihak terkait akhirnya harus mengambil keputusan ini.” Demikian rilis resmi Formula 1 dilansir Reuters. Sebelumnya, GP Tiongkok dijadwalka­n berlangsun­g pada 19 April.

Kontributo­r Jawa Pos di Shanghai Jun Qian mendapat bocoran dari penyelengg­ara lokal bahwa 22 November menjadi jadwal yang paling mungkin dipersiapk­an untuk menyelengg­arakan GP Tiongkok. Itu berarti hanya seminggu sebelum GP pemungkas musim ini, yakni GP Abu Dhabi yagng berlangsun­g pada 29 November. Atau, akan ada tiga balapan yang berlangsun­g dalam tiga pekan beruntun. Yakni, GP Brasil pada 15 November, sepekan kemudian GP Tiongkok, dan diakhiri GP Abu Dhabi.

Format balapan juga akan dipangkas menjadi hanya dua hari. Sesi latihan bebas alias free practice (FP) yang biasanya digelar pada Jumat bakal berlangsun­g pada Sabtu. Sementara itu, babak kualifikas­i dan balapan dilangsung­kan pada hari yang sama, yakni Minggu. Situasi tersebut memang wajib dimaklumi mengingat jarak Brasil dan Tiongkok yang sangat jauh. Tim-tim perlu waktu untuk mengirimka­n logistik dan semua peralatan berat. Selain itu, hal tersebut dilakukan untuk mengantisi­pasi jika wabah virus korona belum bisa diatasi saat itu.

Pemilihan jadwal pada akhir musim juga dimaksudka­n untuk memberikan kesempatan kepada pihak Formula 1 untuk memonitor kondisi terakhir Tiongkok terkait virus yang sudah menewaskan 1.383 orang sampai kemarin tersebut. ’’Pilihannya hanya dua: penjadwala­n ulang atau batal. Itu saja,” ucap Jun Qian.

Pada hari kasih sayang kemarin, tiga tim F1 meluncurka­n mobil barunya. Mercedes W11 untuk kali pertama mengaspal di Sirkuit Silverston­e, Inggris. Sebelumnya, mereka hanya memamerkan livery barunya dengan mobil tahun lalu W10. Yang pertama mencicipi mobil anyar adalah Valtteri Bottas pada sesi shakedown yang berlangsun­g 100 kilometer untuk pengambila­n gambar.

Musim ini, Mercedes kembali berupaya menjaga status quo sebagai juara bertahan. Dominasi mereka sejak era mesin hybrid V6 diperkenal­kan pada 2014 belum tergoyahka­n. W11 yang disiapkan Mercedes kali ini juga mendapat sejumlah sentuhan. Salah satunya, peningkata­n kinerja sistem paket pendingin.

Perbaikan tersebut diperlukan untuk mendukung kinerja mesin agar bisa tetap maksimal meski digeber habis-habisan sepanjang balapan. Masalah pendingin belum terurai sepenuhnya hingga akhir musim lalu. Itu terjadi lantaran adanya keterbatas­an kapasitas radiator W10. Contohnya di GP Austria. Ketika cuaca panas terjadi, hal itu sangat mengganggu performa mobil Mercedes.

’’Kami membuat lebih banyak area (untuk radiator),’’ ucap Direktur Teknik Mercedes James Allison sebagaiman­a dikutip situs resmi Formula 1. Selain itu, dari aspek aerodinami­ka, sidepods anyar yang ditempelka­n pada W11 diharapkan bisa meningkatk­an kualitas aliran menuju radiator dan mengurangi dampak negatif dari getaran roda depan.

Dua tim papan tengah, Alpha Tauri (sebelumnya Toro Rosso) dan Alfa Romeo, juga membuka selubung mobil mereka. Livery Alfa Romeo C39 bernuansa kulit ular. Kimi Raikkonen berkesempa­tan melakukan pemanasan dalam sesi pengambila­n gambar di Fiorano, Italia, kemarin. Livery tersebut hanya digunakan untuk tes.

Sedangkan Alpha Tauri diperkenal­kan sebagai nama baru Toro Rosso pada musim ini. Tim junior Red Bull tersebut masih mengandalk­an dua pembalap Daniil Kvyat dan Pierre Gasly. Tim peserta F1 akan memulai musim 2020 dari Catalunya ketika mengikuti tes pramusim yang dimulai Rabu pekan depan (19/2).

 ??  ?? SENJATA BARU: W11 diharapkan bisa kembali membawa Mercedes mempertaha­nkan gelar Formula 1 musim ini. Foto bawah, Alfa Romeo C39 sedang digeber Kimi Raikkonen di Sirkut Fiorano, Italia.
SENJATA BARU: W11 diharapkan bisa kembali membawa Mercedes mempertaha­nkan gelar Formula 1 musim ini. Foto bawah, Alfa Romeo C39 sedang digeber Kimi Raikkonen di Sirkut Fiorano, Italia.
 ?? MERCEDES AMG ??
MERCEDES AMG

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia