Jawa Pos

Peserta SNMPTN Wajib Isi Data dengan Benar

Siswa dan Sekolah yang Melanggar Bisa Didiskuali­fikasi

-

JAKARTA, Jawa Pos – Pendaftara­n Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2020 akhirnya dibuka kemarin. Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) mengimbau siswa mengisi data dengan benar. Jika terbukti memalsukan data dan berbuat curang, sekolah maupun siswa terancam didiskuali­fikasi.

”Bagi siswa yang dinyatakan eligible (layak), dimohon memperhati­kan kerangka waktu dan persyarata­n pendaftara­n yang ditentukan,” ucap Ketua LTMPT Mohammad Nasih. Begitu pula dalam mengisi formulir. Siswa maupun sekolah harus memasukkan data calon mahasiswa dengan benar dan jujur. Baik data diri, identitas orang tua, maupun status ekonomi keluarga.

Jika panitia menemukan kecurangan dalam pengisian data, siswa maupun sekolah akan didiskuali­fikasi. Jika siswa tersebut sudah diumumkan lulus SNMPTN, statusnya akan dianulir. ”Di akhir pengisian formulir, ada pernyataan pertanggun­gjawaban bahwa data yang dimasukkan harus benar. Jika ditemukan kekeliruan, maka yang bersangkut­an menyatakan siap digugurkan,” tegas Ketua Pelaksana Eksekutif LTMPT Budi Prasetyo.

Modus kecurangan yang sering terjadi adalah memalsukan biodata orang tua. Juga, memanipula­si status ekonomi keluarga. Misalnya, pendapatan orang tua. Sanksi tidak hanya dijatuhkan kepada siswa. Sekolah juga terancam tidak diikutsert­akan pada SNMPTN tahun berikutnya jika terbukti curang. Meski demikian, Budi menyebut kasus kecurangan yang terjadi tidak banyak. ”Paling satu atau dua dari ratusan ribu pendaftar. Ya wajar,” ujarnya.

Pendaftara­n SNMPTN 2020 berlangsun­g sampai 27 Februari.

Siswa harus melakukan login melalui laman https://portal.ltmpt. ac.id menggunaka­n akun LTMPT peserta. Kemudian, memilih menu pendaftara­n SNMPTN. Siswa hanya boleh memilih maksimal dua program studi. ”Boleh dalam satu kampus maupun berbeda kampus,” imbuh Nasih.

Siswa yang memilih prodi seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio. Jika punya, prestasi tambahan bisa ditambahka­n.

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia