Jawa Pos

Pemkot Surabaya Sudah Distribusi­kan 22.121 E-KTP

-

SURABAYA, Jawa Pos – Para pemegang surat keterangan (suket) perekaman identitas sebagai ganti e-KTP bisa mengambil langsung keping e-KTP di kantor kelurahan. Hingga kemarin (14/2), sudah ada 22.121 keping e-KTP yang terdistrib­usikan ke kantor kelurahan. Jumlah tersebut akan terus bertambah karena pencetakan e-KTP oleh petugas Dinas Kependuduk­an dan Pencatatan Sipil (Dispendukc­apil) Surabaya masih berlangsun­g.

Pendistrib­usian keping e-KTP itu tercatat dengan jelas dan detail tiap tahap. Yakni, mulai pemilahan, distribusi melalui caraka atau kurir, sampai di kelurahan, hingga e-KTP yang telah diambil pemiliknya. Detail perpindaha­n dari satu tahap ke tahap berikutnya tercatat dengan detail hingga jam, menit, serta detiknya.

Berdasar data Dispendukc­apil Surabaya, hingga kemarin (14/2) sudah ada 33.600 keping e-KTP yang didistribu­sikan. Dari jumlah tersebut, 6.414 keping sedang dipilah dan siap dikirim. Ada 2.766 keping yang diterima tim caraka atau kurir untuk diantar. Sebanyak 22.121 sudah diterima ke kelurahan. Yang diambil warga baru 2.299.

Selain 33.600 yang siap didistribu­sikan, Dispendukc­apil Surabaya sudah punya 12.033 yang telah dicetak, tetapi belum dipilah. Petugas segera memilah keping e-KTP tersebut, lantas memasukkan nya ke sistem distribusi, dan mendistrib­usikan nya. Jadi, total yang sudah dicetak hingga kemarin berjumlah 45.633 keping.

Kepala Dispendukc­apil Surabaya Agus Imam Sonhaji menuturkan, warga bisa mengambil keping e-KTP mereka langsung di kelurahan. Tidak perlu jauh-jauh ke mal pelayanan publik di Siola.

’’Warga bisa mengecek KTP elektronik­nya sudah dicetak atau belum dengan cara scan QR code di suket elektronik miliknya. Ayo Cekatan, cek kartu penduduk Anda,’’ ungkap Agus.

Pengambila­n e-KTP di kelurahan ditujukan untuk mempermuda­h dan mendekatka­n pelayanan publik kepada warga. Sebab, kantor kelurahan relatif lebih dekat dengan tempat tinggal warga.

’’Semua layanan terkait identitas penduduk seperti e-KTP maupun suket pengganti e-KTP dan KK baru maupun perubahann­ya bisa dilakukan di kecamatan. Tentu termasuk proses pindah yang akan mengakibat­kan perubahan data KK,’’ jelas Agus.

Lurah Peneleh Khusnul Amin mengungkap­kan, pihaknya sudah menerima 80 keping e-KTP. Dari jumlah tersebut, 25 keping sudah diambil warga. ’’Yang mengambil KTP kami foto, lalu kami kirimkan ke dispendukc­apil (sebagai laporan, Red),’’ jelasnya kemarin.

Penerima e-KTP difoto sebagai bukti pengambila­n. Pemkot ingin memastikan bahwa keping e-KTP tersebut sudah diterima warga yang bersangkut­an. Sekaligus mendata lokasi terakhir keping e-KTP yang sudah dicetak.

Kabag Pemerintah­an dan Otonomi Daerah Kanti Budiarti mengungkap­kan bahwa pihak kelurahan sudah diberi penjelasan terkait dengan distribusi e-KTP kepada warga. Bahkan, sejumlah lurah sudah membuat surat edaran yang ditujukan kepada pengurus RT dan RW, kemudian diteruskan kepada warga.

 ?? DIMAS MAULANA/JAWA POS ?? LAYANAN PUBLIK: Petugas dispendukc­apil mencetak e-KTP di Mal Pelayanan Publik Siola.
DIMAS MAULANA/JAWA POS LAYANAN PUBLIK: Petugas dispendukc­apil mencetak e-KTP di Mal Pelayanan Publik Siola.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia