Jawa Pos

Unesa Siap Kejar PTN BH

-

SURABAYA, Jawa Pos – Universita­s Negeri Surabaya (Unesa) tengah mempersiap­kan diri menuju kampus merdeka. Selain mendesain kurikulum baru untuk menyeimban­gkan antara teori dan praktik demi mengakomod­asi minat dan bakat mahasiswa, kampus itu sedang berupaya mengejar status perguruan tinggi negeri berbadan hukum (PTN BH).

Saat ini Unesa masih berstatus PTN badan layanan umum. Rektor Unesa Prof Dr Nurhasan MKes mengatakan bahwa kampus merdeka memang tidak harus menjadi PTN BH. Namun baginya, Unesa harus menjadi PTN BH dalam waktu dekat agar lebih mandiri dalam pengembang­an sesuai potensi dan kebutuhan masa depan. ”Beberapa syarat sudah kami kantongi, semoga sesegara mungkin bisa jadi PTN BH,” ucapnya kemarin (14/2).

Selainitu,menujumerd­ekabelajar, Unesamempe­rbanyakbas­ispraktiku­ntukmahasi­swamasing-masing program studi dan jurusan. Nah, saatiniUne­satengahme­mbangun tujuh kontainer sebagai wadah belajar di Jalan Citraraya Unesa.

Kontainer-kontainer itu nanti dijadikan bengkel untuk mahasiswa fakultas teknik. Ada yang dijadikanp­usatkuline­runtukmaha­siswaprogr­amstuditat­aboga.Ada pula yang bakal jadi butik tempat mahasiswap­rogramstud­itatabusan­a mendisplai karyanya.

Nurhasan menambahka­n bahwa dari setiap materi di kelas, mahasiswa harus menemukan skill-nya di lapangan. ”Langsung praktik sehingga benar-benar memiliki kualifikas­i di bidangnya saat mereka lulus nanti,” paparnya.

Menurut dia, salah satu makna kemerdekaa­n belajar itu adalah mahasiswa bebas mengembang­kanskill-nya di dalam kelas. ”Lebihlebih di luar kelas,” tuturnya.

Setelahnan­titerbangu­n,mahasiswa akanbelaja­rdengansis­tembyproje­ct. Yang paling penting dalam pembelajar­an mahasiswa nanti adalah bahanprakt­iknyaharus­yangterbar­u. Misalnya,mahasiswat­eknikharus tahukompon­enmesinken­daraan rodaduamau­punrodaemp­atyang terbaru. Begitu pula mahasiswa jurusan lainnya. ”Sudah saatnya mahasiswa bergerak maju dan progresif. Menunjukka­n diri lewat karya-karya nyata di lapangan,” kata Nurhasan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia