Jawa Pos

Saluran Bersih, Warga Enggan Buang Sampah

-

GRESIK, Jawa Pos – Aksi bersih-bersih drainase kemarin (14/2) dihelat Asosiasi Bank Sampah Gresik (Asbag) bersama dinas lingkungan hidup (DLH) pemkab. Mereka berhasil mengumpulk­an puluhan ton sampah dari saluran air di Kelurahan Tlogopojok, Gresik.

Kegiatan bersih-bersih drainase itu merupakan kegiatan memperinga­ti Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2020. Kegiatan tersebut melibatkan ratusan orang yang terdiri atas pelajar, anggota Kodim 0817 Gresik, Banser, Pramuka, hingga PKK Kecamatan Gresik.

Mulai pukul 06.30, para relawan tersebut turun ke saluran untuk memungut sampah. Dalam waktu dua jam, para relawan lingkungan itu mengumpulk­an puluhan ton sampah rumah tangga. Mulai plastik hingga popok bayi.

Kepala Seksi Pengelolaa­n Persampaha­n pada DLH Pemkab Gresik Umaya mengatakan, aksi bersih-bersih drainase itu juga bagian untuk memberikan penyadaran kepada masyarakat. ”Agar tidak membuang sampah sembaranga­n,” ungkapnya.

Dia mengatakan, sampah yang telah dikumpulka­n dalam kegiatan sosial bertajuk Gerakan Pilah Sampah dari Rumah itu berjumlah cukup banyak. ”Satu truk dan tiga truk roda tiga,” ungkap mantan lurah Sukorame, Gresik, tersebut.

Sementara itu, Ketua Asbag Siti Fitria menambahka­n, gerakan bersih-bersih tersebut merupakan gerakan sosial sebagai upaya mengedukas­i masyarakat. ”Kami akan sosialisas­i lebih intens agar masyarakat mulai melakukan pilah-pilih sampah dari rumah,” ungkapnya.

Dia prihatin dengan masih banyaknya warga yang membuang sampah sembaranga­n. Sejauh ini, sungai seolah beralih fungsi menjadi tempat pembuangan sampah. Fitri berharap gerakan bersih-bersih saluran itu bisa mengubah mindset masyarakat. ”Bila saluran air terlihat bersih, masyarakat akan enggan membuang sampah lagi ke saluran air,” tegasnya.

 ?? CHUSNUL CAHYADI/JAWA POS ?? PEDULI LINGKUNGAN: Ratusan orang dari berbagai kalangan melakukan aksi bersih-bersih di saluran air Kelurahan Tlogopojok, Gresik, kemarin.
CHUSNUL CAHYADI/JAWA POS PEDULI LINGKUNGAN: Ratusan orang dari berbagai kalangan melakukan aksi bersih-bersih di saluran air Kelurahan Tlogopojok, Gresik, kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia