Jawa Pos

Gelar Operasi Gaktib dan Yustisi Selama Setahun

-

SURABAYA, Jawa Pos – Operasi penegakan ketertiban (gaktib) dan yustisi gabungan polisi militer resmi dibuka Panglima Komado Armada II Laksama Muda TNI Heru Kusmanto di Dermaga Ujung, Surabaya, kemarin (14/2). Pemasangan tanda operasi gaktib dan yustisi terhadap seluruh perwakilan personel dari institusi terkait mengawali kegiatan tersebut.

Panglima Komando Armada (Pangarmada) II Laksamana Muda TNI Heru Kusmanto mengatakan, operasi terbagi menjadi empat tahapan. Mulai sosialiasi, tindakan preventif, patroli wilayah rawan terjadi aksi kriminalit­as, hingga melaporkan pelanggara­n disiplin yang dilakukan prajurit TNI terhadap Komando Garnisun Tetap (Kogartap) III/Surabaya.

Kegiatan tersebut digelar sampai akhir tahun. Wilayah rawan terjadi kriminalit­as serta titik-titik tempat penyalahgu­naan narkoba menjadi target sasarannya. Satu per satu pemeriksaa­n terhadap lokasi tersebut digelar.

Waktu pelaksanaa­n dilakukan secara acak sehingga bisa berjalan lancar. ”Tujuannya ingin membebaska­n kehidupan seluruh anggota TNI dari bahaya narkoba. Kemudian, kami ingin memastikan seluruh anggota bisa terus disiplin dan tidak bertingkah arogan di lapangan. Harus bisa menjadi percontoha­n bagi seluruh masyarakat,” kata Heru.

Selain itu, pengawasan terhadap warga sipil dilakukan. Misalnya, ulah geng pemuda yang tengah terjadi di Surabaya saat ini.

Jika dibutuhkan, pihaknya pasti membantu pemerintah dalam memberanta­s penyakit masyarakat itu. Dan, yang tidak kalah penting, yaitu mewujudkan netralisas­i TNI dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) 2020.

Ribuan personel gabungan yang terdiri atas Polisi Militer AD, AL, dan AU telah disiapkan. ”Seluruh anggota TNI harus netral dan harus bisa mengamanka­n serta menyuksesk­an berlangsun­gnya pilkada. Jika ada yang melanggar, sanksi tegas pasti diberikan,” tandasnya.

 ?? AHMAD KHUSAINI/JAWA POS /JAWA POS ?? DIMULAI: Ribuan personel Polisi Militer TNI-AD, AL, dan AU diterjunka­n untuk operasi gaktib serta yustisi selama setahun ke depan.
AHMAD KHUSAINI/JAWA POS /JAWA POS DIMULAI: Ribuan personel Polisi Militer TNI-AD, AL, dan AU diterjunka­n untuk operasi gaktib serta yustisi selama setahun ke depan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia