Jawa Pos

Maling 38 Ponsel Rp 93 Juta Masih SMA

Pernah Sekolah di Sukodono, Sekarang Tinggal di Gresik

-

SIDOARJO, Jawa Pos – Jangan macam-macam di wilayah hukum Polsek Sukodono. Sudah banyak penjahat yang dibekuk. Yang terakhir pembobol konter handphone Karno Cell di Desa Pekarungan. Pelaku adalah pelajar kelas XI SMA. Umurnya baru 16 tahun. Arek asal Gresik.

Anggota Polsek Sukodono butuh sembilan hari sejak pelajar berinisial AA itu menggarong dagangan Karno Cell pada Senin dini hari (3/2). Pemuda asal Driyorejo, Gresik, tersebut tergolong bandel. Dia dicokok polisi justru saat bolos sekolah.

Kapolsek Sukodono AKP Eka Anggriana mengatakan, polisi berkali-kali melihat rekaman kamera CCTV Karno Cell. Mengamati wajah pelaku. Penelusura­n petugas akhirnya membuahkan hasil. Dari informasi yang dihimpun petugas, muncullah nama AA.

Berbekal data itu, polisi bergegas menuju Kota Pudak. Ada dua tim yang diterjunka­n. Tim pertama bentukan Polsek Sukodono. Tim kedua Satreskrim Polresta Sidoarjo. Tim bentukan Polsek Sukodono mengintai gerak-gerik AA di rumah. Tim polresta bertugas menangkap pelaku di sekolah. Saat polisi mendatangi sekolah AA, ternyata dia membolos.

Eka Anggriana menambahka­n, petugas yang mengintai di rumah menunggu sampai AA datang. Pukul 10.00, AA tiba di rumah. ’’Langsung ditangkap,’’ ujarnya. Meski masih belia, aksi AA tergolong sangat lihai. Dia menggasak 38 ponsel dagangan Karno Cell seorang diri. Tanpa bantuan rekannya.

Di depan polisi, AA menceritak­an bahwa dirinya membobol Karno Cell mulai pukul 02.00. AA membawa tali, kantong, dan martil. Dia masuk dengan cara merusak atap. Setelah itu, plafon dilubangi dengan martil.

Sejurus kemudian, AA masuk gerai HP. Sebanyak 38 unit HP digasak. Dia memasukkan HP ke dalam kantong. Kantong itu diikat dengan tali. AA kembali naik ke atap. HP yang sudah dimasukkan dalam kantong ditarik. Lantas, dia kabur. Pemilik konter mengaku sampai terancam bangkrut. Sebab, modal senilai hampir Rp 93 juta ludes digondol pelaku.

Ternyata AA pernah bersekolah di wilayah Sukodono. Tepatnya saat SMP. Jadi, dia mengetahui seluk-beluk Desa Pekarungan. Tak hanya mengamanka­n pelaku, polisi berhasil mengembali­kan 38 unit HP. Eka mengatakan, ada sejumlah HP yang tertinggal di atap Karno Cell. Delapan HP tertinggal di talang. Enam HP di atap.

 ?? DOK JAWAPOS ?? SUDAH DITANGKAP: Tersangka AA saat beraksi di Karno Cell.
DOK JAWAPOS SUDAH DITANGKAP: Tersangka AA saat beraksi di Karno Cell.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia