Jawa Pos

Maret, Pengumuman Peserta SKB CASN

Peraih Nilai Tertinggi Dikado Cokelat

-

SIDOARJO, Jawa Pos – Tes calon aparatur sipil negara (CASN) berakhir kemarin (14/2). Total ada 10.168 peserta yang telah menyelesai­kan seleksi kompetensi dasar (SKD). Peserta yang lolos ke tahap seleksi kompetensi bidang (SKB) diumumkan Maret.

Pada hari terakhir tes sejak 29 Januari hingga kemarin (14/2), Badan Kepegawaia­n Daerah (BKD) Sidoarjo memberikan hadiah untuk peraih nilai terbaik di empat sesi. Yunita Dwiyanti, salah satunya. Perempuan asal Bangil itu merupakan peraih nilai terbaik di sesi tiga. Nilai totalnya 400. ’’Nilai wawasan kebangsaan 100, nilai intelegens­i 155, dan kepribadia­n 145,’’ katanya.

Yunita dapat hadiah cokelat. Dibungkus kado cantik. Dengan nilai tersebut, Yunita berharap bisa lolos mengisi formasi ASN guru di SMPN 1 Jabon. Di sekolah tersebut hanya dibutuhkan 1 formasi. Dia bersaing dengan 175 peserta lain. ’’Semoga lolos. Ini sudah ikut tes yang kedua. Tahun lalu juga ikut,’’ katanya.

Siapakah peraih nilai tertinggi di antara semua peserta? Namanya Afining Dina Ariyanti. Total nilainya mencapai 426. Nilai tes wawasan kebangsaan (TWK) 120. Tes intelegens­i umum (TIU) 155. Nilai tes karakteris­tik pribadi (TKP) mencapai 151.

Meski demikian, nilai tertinggi SKD bukan jaminan lolos menjadi ASN. ’’Belum tentu diterima,’’ kata Kabid Pengembang­an Badan Kepegawaia­n Daerah (BKD) Zainul Arifin Umar. Peraih nilai tertinggi memang sudah pasti lolos ke tes selanjutny­a. Namun, para peserta peraih nilai tertinggi SKD harus mengikuti tes SKB dulu. ’’Porsinya 60 persen nilai SKD dan 40 persen nilai SKB,’’ kata Zainul.

Zainul menyatakan, pengumuman tes selanjutny­a masih menunggu arahan dari Badan Kepegawaia­n Negara (BKN). Prediksiny­a awal Maret. ’’Termasuk pengumuman yang lolos juga awal Maret,’’ tuturnya.

Hingga selesai pelaksanaa­n tes kemarin, tidak ada kendala sama sekali. Komputer maupun server atau listrik juga tidak bermasalah. Peserta yang membawa barang terlarang juga tidak ditemukan. ’’Peserta yang hamil juga tidak ada kendala. Mereka ditempatka­n di ruangan sendiri,’’ kata Zainul.

Zahrotus Sayidah salah satunya. Peserta asal Tanggulang­in tersebut tengah hamil 6 bulan. ’’Tidak terkendala apa-apa, lancar,’’ katanya. Sayangnya, dia tidak lolos passing grade. Alasannya, waktunya sudah habis, tetapi belum selesai mengerjaka­n. ’’Ada sekitar 10 soal yang belum, di intelegens­ia umum,’’ katanya. Karena itu, tes intelegens­ia umumnya hanya dapat skor 70. ’’Passing gradenya 80,’’ ucapnya.

 ?? BOY SLAMET/JAWAPOS ?? HARUS TERTIB: Peserta tes seleksi CASN harus menjalani pemeriksaa­n oleh petugas satpol PP sebelum masuk ruang ujian di BKD Sidoarjo.
BOY SLAMET/JAWAPOS HARUS TERTIB: Peserta tes seleksi CASN harus menjalani pemeriksaa­n oleh petugas satpol PP sebelum masuk ruang ujian di BKD Sidoarjo.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia