Jawa Pos

Berantas Geng, Polisi Gelar Operasi

-

SURABAYA, Jawa Pos – Satbinmas Polrestabe­s Surabaya akan mengadakan operasi khusus. Namanya Operasi Bina Kusuma. Operasi itu rencananya berlangsun­g selama 15 hari mulai pekan depan. Mulai 17 Februari hingga 2 Maret. ”Sasaran operasi sendiri beragam,” ujar Wakapolres­tabes Surabaya AKBP Agus Sudaryatno kemarin (14/2).

Agus menyebutka­n, antara lain, kenakalan remaja yang belakangan meresahkan masyarakat. Yakni, fenomena geng. Menurut dia, antisipasi agar fenomena itu hilang akan semakin digencarka­n selama operasi berlangsun­g. Bahkan, kata dia, tindakan tegas akan diterapkan kalau memang diperlukan. ”Tidak ada toleransi,” tuturnya.

Dia menyatakan, kemunculan geng akhir-akhir ini tidak bisa dianggap sebelah mata. Jika dibiarkan, kelompokke­lompok itu bisa berkembang. ”Muaranya kriminal,” jelasnya. Dugaan tersebut sudah terbukti di daerah lain. Misalnya, Jakarta dan Bandung.

Mantan Kapolres Pasuruan Kota itu menyebut jajarannya bakal menerapkan beberapa cara untuk menghilang­kan fenomena geng. Di antaranya, patroli ke tempat yang ditengarai menjadi markas kelompok. Juga melakukan sosialisas­i kepada masyarakat dengan mengganden­g tokoh setempat. ”Anak-anak itu hanya butuh perhatian. Jika lingkungan mau memperhati­kan, kami yakin tidak ada geng-gengan,” ucap polisi dengan dua melati di pundak tersebut.

Kasatbinma­s Polrestabe­s Surabaya AKBP Muhammad Fathoni menambahka­n, kenakalan remaja bukan satusatuny­a sasaran operasi. Dia mengatakan bahwa pihaknya punya target lain yang berkaitan dengan gangguan keamanan. Misalnya, aksi premanisme.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia