Jawa Pos

Merayakan Valentine dengan Menari Salsa

-

SURABAYA, Jawa Pos – Merayakan Valentine tidak hanya dilakukan bareng pacar. Itulah yang dilakukan komunitas Street Salsa Surabaya pada Kamis malam (13/2). Malam sebelum Hari Kasih Sayang tiba, mereka melakukan party menyambut Valentine di Altoro Spanish GastroBar bersama temanteman pencinta salsa.

Mengusung tema White Party, seluruh anggota yang datang kompak dengan dress code berwarna putih. ”Kami pakai putih, biar nggak bosan pink melulu,” ujar Nidia Nailufar, salah seorang coach. Early Valentine ala mereka malam itu pun berlangsun­g heboh. Saat musik sudah dibunyikan, masing-masing orang langsung bangkit dan mencari pasangan masing-masing.

Setelah menemukan pasangan masing-masing pun, mereka mulai bergerak mengikuti irama. ”Nah, yang menarik dalam salsa itu, kita bisa pakai satu lagu yang sama tapi tarinya bebas. Jadi hanya dengan satu lagu bisa menari bermacam-macam genre,” sambung Nidia.

Selain itu, menari salsa lebih bebas dalam memilih sepatu. Boleh dengan memakai heels, flat shoes, bahkan sneakers. ”Yang penting bagian bawahnya agak licin biar bisa mutermuter,” imbuhnya.

Dari situ, lanjut dia, menari salsa juga bisa dilakukan di mana saja. Bahkan, mereka tak jarang melakukann­ya di tamantaman di Surabaya.

”Karena nama kami kan juga ada street-nya. Jadi, kami juga biasanya nari di outdoor. Tapi, kalau di aspal atau paving memang agak susah. Tapi masih aman kalau di taman-taman. Soalnya taman di Surabaya itu rata-rata ada bagian yang diubin,” terangnya. Kebutuhan untuk lantai yang licin memang diperlukan dalam menari salasa. Sebab, banyak gerakan salsa yang mengandalk­an kelenturan kaki dan tidak jarang melakukan gerakan berputar.

Pesta malam itu sendiri sengaja diisi 70 persen menari salsa. Sisanya mereka isi dengan dinner dan bertukar kado Valentine. ”Soalnya, kami ingin kumpulkump­ul itu tidak cuma nggak ngapa-ngapain. Alangkah baiknya kalau kami melakukan kegiatan yang positif,” tambah Sicilia Tipawael, ketua Street Salsa Surabaya. Selain bisa menambah teman, menari bisa sedikit berolahrag­a dan menggerakk­an tubuh.

 ?? ALFIAN RIZAL/JAWA POS ?? OLAH TUBUH: Komunitas Street Salsa Surabaya memulai tarian mereka pada Kamis malam (13/2).
ALFIAN RIZAL/JAWA POS OLAH TUBUH: Komunitas Street Salsa Surabaya memulai tarian mereka pada Kamis malam (13/2).
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia