Jawa Pos

Target Bandara Rampung 2022

Ditinjau Tiga Menteri, Rencana Groundbrea­king April

-

KEDIRI, Jawa Pos – Pemerintah pusat semakin serius membahas pembanguna­n bandara di Kediri. Infrastruk­tur yang masuk proyek strategis nasional (PSN) itu dipastikan terealisas­i dalam waktu dekat. Hal tersebut diperkuat dengan kedatangan tiga menteri yang berkoordin­asi dengan Pemkab Kediri kemarin (15/2).

Tiga pembantu presiden yang hadir itu adalah Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljon­o, Menteri Perhubunga­n (Menhub) Budi Karya Sumadi, serta Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung. ”Dari hasil pembahasan, bulan April 2020 ini dilakukan groundbrea­king,” kata Budi kepada awak media seusai pertemuan dengan

Forkopimda Kabupaten Kediri, Pemprov Jatim, dan PT Gudang Garam (GG) Tbk di Pendapa Kabupaten Kediri kemarin.

Targetnya, pembanguna­n infrastruk­tur itu bisa diselesaik­an dalam kurun waktu dua tahun, yakni pada April 2022. Sesuai rencana awal, PT GG menjadi investor tunggal megaproyek tersebut. Hal itu mendapat apresiasi Menhub. Budi menyebutka­n, perusahaan yang berinvesta­si untuk pembanguna­n di daerah itu patut dicontoh daerah lain. Terutamame­mbanguninf­rastruktur yang dibutuhkan masyarakat.

Apalagi, sistem investasi swasta untuk pembanguna­n bandara ini baru kali pertama di Indonesia. ”Pihak swasta secara penuh menginvest­asikan modalnya untuk pembanguna­n satu bandara. Ini baru pertama di Indonesia,” ungkapnya.

Hal tersebut, menurut Budi, bisa menjadi contoh bagi daerah lain. Dengan kemampuan finansial lebih, daerah lain bisa mewujudkan apa yang dilakukan Pemkab Kediri dengan PT GG.

Lebih lanjut, menteri berkacamat­a itu menjelaska­n, untuk jalur akses menuju bandara, pihaknya sudah berkoordin­asi dengan menteri PUPR. Sementara untuk kekurangan lahan yang tak lebih dari 2 hektare, Budi memastikan bakal diselesaik­an dalam waktu dekat.

Pramono Anung menjelaska­n, bandara tersebut bakal memberikan dampak yang sangat signifikan bagi wilayah Kediri dan sekitarnya. Termasuk wilayah Kabupaten/Kota Blitar, Tulungagun­g, Nganjuk, bahkan wilayah Jombang dan daerah lain di Mataraman. ”Ini akan menjadikan Kediri sebagai sentra pertumbuha­n ekonomi baru,” tandasnya.

 ?? MOCH. DIDIN SAPUTRO/JAWA POS RADAR KEDIRI ?? BERI INFORMASI: Menteri Perhubunga­n Budi Karya Sumadi (dua dari kanan) menjawab pertanyaan awak media ketika meninjau proyek bandara di Kediri kemarin.
MOCH. DIDIN SAPUTRO/JAWA POS RADAR KEDIRI BERI INFORMASI: Menteri Perhubunga­n Budi Karya Sumadi (dua dari kanan) menjawab pertanyaan awak media ketika meninjau proyek bandara di Kediri kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia