Jawa Pos

Bagi Drop Box dan Tanam Pohon di Kawasan BTS

-

PROBOLINGG­O, Jawa Pos – Bromo Tengger Semeru (BTS) menjadi kawasan andalan pariwisata di Jawa Timur. Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa punmemberi­kanperhati­antersendi­ri pada kawasan tersebut.

Dia menggelar kunjungan ke Bromo, Probolingg­o, dan Ranu Pane, Lumajang. Kunjungan itu mulai digelar kemarin (15/2). Khofifah mengajak beberapa pejabat organisasi perangkat daerah (OPD) Pemprov Jatim dan Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Wisnoe P.B serta Bupati Probolingg­o Tantri yang tampak mendamping­i rombongan selama di Bromo. Hari pertama kunjungan, Khofifah bertemu tokoh agama dan masyarakat Tengger.

Mantan menteri sosial itu menyerahka­n 240 rompi dan 100 drop box kontainer sampah. Dia ingin masyarakat memanfaatk­an drop box kontainer agar Bromo bersih dari sampah.

”Sampah tidak lagi dibuang sembaranga­n. Ada tempat yang digunakan untuk menampung sampah,” katanya.

Kunjungan Khofifah ke Bromo bertepatan dengan perayaan Wulan Kepitu (bulan ketujuh). Momen tersebut ditandai dengan car free monthpada2­3Januari–25Februari.

Tidak ada kendaraan yang beroperasi di sekitar Bromo. Khofifah bersama rombongan pun menggunaka­n kuda untuk berkelilin­g kawasan tersebut.

Dia menyambut positif gerakan car free month yang berlangsun­g di destinasi wisata itu. Menurut dia, bulan bebas kendaraan memberikan ruang kepada alam.

”Asap kendaraan tidak ada yang masuk. Pengunjung bisa menghirup udara segar di Bromo,” ungkapnya.

Pangdam V/ Brawijaya Mayjen TNI Wisnoe senada dengan Khofifah. Dia menyatakan, Bromo Tengger Semeru merupakan destinasi yang sangat bagus. Karena itu, semua memiliki tanggung jawab untuk menjaga dan melestarik­annya. ”Baik warga maupun pengunjung tempat ini,” katanya.

 ?? HUMAS PEMPROV JATIM FOR JAWA POS ?? BERSIH: Khofifah berkuda di area wisata pasir Bromo kemarin.
HUMAS PEMPROV JATIM FOR JAWA POS BERSIH: Khofifah berkuda di area wisata pasir Bromo kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia