Jawa Pos

Harus Datang Latihan Lebih Awal

-

SHIN Tae-yong benar-benar membawa perubahan pada pola latihan timnas Indonesia. Salah satunya soal materi latihan kiper. Perubahan itu mulai terlihat kemarin saat timnas melakukan TC di Stadion Madya, Jakarta.

Model penerapann­ya adalah menambah jam latihan bagi empat kiper yang dipanggil. Ya, ketika para pemain baru mulai latihan pada pukul 10.00 WIB, empat kiper timnas Andritany Ardhiyasa, Nadeo Arga Winata, M. Riyandi, dan Adi Satrio harus datang 30 menit lebih awal. Bersama pelatih kiper Kim Hae-woon dan penerjemah Yoo Jae-hoon, keenamnya terlihat datang menaiki kendaraan minibus yang disewa PSSI.

Keempat kiper langsung digenjot latihan. Beberapa teknik dasar kembali diajarkan. Misalnya, passing jarak pendek dari kotak penalti hingga menangkap tendangan jarak dekat.

Shin Tae-yong menuturkan, seharusnya memang latihan kiper itu lebih lama daripada pemain lainnya. ’’Kiper memang harus latihan lebih dulu, di Eropa dan Korea Selatan seperti itu,’’ ujarnya.

Dia pun sempat kaget ketika awak media yang datang menanyai hal tersebut. Bagi dia, latihan kiper terlebih dahulu dibandingk­an pemain lain sudah biasa dilakukann­ya. ’’Tidak ada yang salah, memang kiper harus seperti itu. Latihannya harus lebih banyak dari pemain lain,’’ tegasnya.

Menurut dia, jika durasi latihan kiper sama dengan pemain lainnya, otomatis dari sisi fisik tidak akan ada peningkata­n. Sebab, latihan kiper dirasa lebih ringan daripada pemain lainnya. ’’Intensitas kiper tidak akan meningkat dan akan kurang efisien kalau waktunya sama,’’ ungkapnya.

Shin Tae-yong menuturkan, posisi kiper memang menjadi sorotan. ’’Sebelum TC ini dimulai, saya rapat dengan staf pelatih. Latihan kiper akan lebih banyak dibandingk­an pemain lain. Saya yakin, setelah TC ini, kiper-kiper ini akan berterima kasih karena kualitasny­a meningkat,’’ ungkapnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia