Jawa Pos

DPC dan DPD Sudah Satu Suara Usung Machfud

Demokrat Menjawab Polemik Terkait Arah Dukungan

-

SURABAYA, Jawa Pos – Kabar terkait arah dukungan Partai Demokrat sempat menimbulka­n gejolak di internal. Partai berlambang Mercy itu menegaskan tetap pada pendirian awal, yakni mendukung Machfud Arifin sebagai calon wali kota.

Hal itu disampaika­n Ketua DPC Demokrat Surabaya Lucy Kurniasari. Menurut Lucy, pengurus sudah melakukan penjaringa­n sesuai petunjuk pelaksanaa­n (juklak) dan petunjuk teknis (juknis) dari DPP (dewan pimpinan pusat). ”Kita taat asas sesuai juklak dan juknis partai yang dikeluarka­n DPP,” ujarnya kemarin (15/2).

Lucy mengatakan, dalam proses penjaringa­n, ada empat calon yang mendaftar. Dua di antaranya merupakan kader internal. Dua tokoh lain yang juga mengambil formulir adalah Machfud Arifin dan Zahrul Azhar As’ad alias Gus Hans.

Nama-nama yang sudah masuk itu dinilai pengurus. Hal tersebut, kata Lucy, tidak dilakukan atas dasar like and dislike. Penilaian dilakukan secara terukur dan objektif. Bukan hanya pengurus dan panitia yang dilibatkan. Partai juga meminta pendapat para kader dan pengurus sampai tingkat PAC (pengurus anak cabang) di 31 kecamatan.

Dari hasil penilaian, nama Machfud mendapat nilai tertinggi. Nama yang mendapat peringkat tertinggi diusulkan ke DPP melalui DPD (dewan pimpinan daerah) tingkat provinsi. ”Ke depan penilaian DPC sama dengan DPD terkait kelayakan Pak Machfud yang kemudian diusulkan ke DPP untuk mendapat rekomendas­i,” katanya.

Anggota DPR periode 2019–2024 itu menyatakan sudah meneruskan usulan tersebut ke DPP. Lucy memastikan, rekomendas­i yang dikeluarka­n DPP tidak akan berbeda. ”Sudah pasti kami mendukung dan mengusulka­n calon yang kami nilai berpeluang menang dalam Pilwali Surabaya 2020,” jelasnya.

Perempuan yang pernah maju dalam pemilihan wali kota (pilwali) 2015 itu menyadari, dengan bermodal empat kursi di parlemen, Demokrat tidak ingin hanya menjadi pendukung.

Karena itu, pihaknya memutuskan untuk bergabung ke koalisi menjadi pengusung. Dia kembali menegaskan bahwa partainya ingin menjadi pengusung calon yang berpeluang menang. ”DPC Demokrat Surabaya akan taat asas mengamanka­n dan memenangka­n calon yang direkom DPP menjadi calon wali kota,” ucapnya.

Di sisi lain, Plt Ketua DPD Demokrat Jatim Renville Antonio menegaskan sudah satu suara dengan pengurus di tingkat DPC. Namun, soal arah dukungan, itu menjadi wilayah pengurus DPC. ”Jadi, soal itu biar Mbak Lucy saja,” katanya.

 ?? RELAWAN ERI FOR JAWA POS ?? SIAP MENANGKAN ERI: Deklarasi relawan Eri di Pacar Keling.
RELAWAN ERI FOR JAWA POS SIAP MENANGKAN ERI: Deklarasi relawan Eri di Pacar Keling.
 ?? TIMSES MA FOR JAWA POS ?? DEKATI WARGA: Machfud menggendon­g bayi dalam acara di Sukolilo.
TIMSES MA FOR JAWA POS DEKATI WARGA: Machfud menggendon­g bayi dalam acara di Sukolilo.
 ?? RELAWAN RENI FOR JAWA POS ?? PENDEKATAN PEREMPUAN: Reni beserta pendukungn­ya di Wonokromo.
RELAWAN RENI FOR JAWA POS PENDEKATAN PEREMPUAN: Reni beserta pendukungn­ya di Wonokromo.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia