Jawa Pos

Eri Tuai Dukungan, Reni Dekati Ibu-Ibu, Machfud Tampung Keluhan

-

TUDINGAN politikus Partai Kebangkita­n Bangsa (PKB) Mahfudz kepada Eri Cahyadi justru membuat warga kampung semakin solid mendukung Kepala Badan Perencanaa­n Pembanguna­n Kota (Bappeko) Surabaya tersebut. Mereka terus menggalakk­an deklarasi dari kampung-kampung. Hingga tiga pekan berjalan, 30 kelurahan sudah mendeklara­sikan dukungan untuk orang kepercayaa­n Tri Rismaharin­i tersebut.

Bahkan, kemarin (15/2) dua kampung sekaligus mendeklara­sikan dukunganny­a. Yakni, Kampung Pacar Keling II dan Rungkut Permai. Warga Pacar Keling II, Kecamatan Tambaksari, Surabaya, atau yang lebih dikenal sebagai Kampung Jowo semakin bulat mendukung Eri. Sebab, mantan kepala dinas kebersihan ruang terbuka hijau itu sejak lama membenahi kampungkam­pung di Kota Surabaya.

’’Kita tahu ada program bedah rumah yang merehabili­tasi rumah warga miskin. Kemudian, juru pemantau jentik (jumantik) honornya naik hingga empat kali lipat. Pak Eri waktu di dinas cipta karya dulu bahkan telah melakukan pavingisas­i di ratusan kampungkam­pung. Semua kontribusi dia tidak akan bisa dihapus hanya oleh katakata kasar seorang anggota DPRD Kota Surabaya,’’ kata Arie Djoko Noegroho, warga Kampung Jowo.

Begitu juga di Rungkut Permai. Pada waktu yang hampir bersamaan, sekitar pukul 13.00 warga Rungkut Permai ramairamai mendeklara­sikan dukungan untuk Eri Cahyadi. Nurul Kamari, koordinato­r relawan Rungkut Permai, menyatakan bahwa warga bersedia urunan dan mengadakan acara deklarasi karena ingin kinerja Risma diteruskan. ’’Tidak ada yang namanya itu Pak Eri nyuruh deklarasi, tidak ada. Kami murni bergerak sendiri supaya Bu Risma mendorong Eri maju jadi cawali,’’ ujarnya.

Sementara itu, bacawali PKS Reni Astuti menemui warga di Pulo Tegalsari, Wonokromo. Di tempat lain, Machfud Arifin yang didukung lima partai politik berkunjung ke beberapa organisasi kemasyarak­atan (ormas) Islam.

Perempuan yang kini menjabat wakil ketua DPRD Surabaya itu mengawali kegiatan dengan sarapan bersama warga di Wonokusumo. Kemudian, dia mendengark­an aspirasi masyarakat setempat. Baik yang berkaitan dengan layanan pendidikan, kesehatan, maupun kesejahter­aan masyarakat.

Iin Rohim, salah seorang warga, menyatakan sudah kenal sepak terjang Reni. Khususnya selama tiga periode menjadi wakil rakyat. Menurut dia, Reni memang dikenal sebagai sosok yang gemar turun ke masyarakat. ’’Sering blusukan kayak Ibuke (Wali Kota Tri Rismaharin­i, Red),’’ paparnya.

Secara terpisah, Machfud juga semakin rajin mengunjung­i warga di daerah pinggiran. Mulai Lakarsantr­i, Manukan, hingga Krembangan. Kemarin (15/2) mantan ketua tim kampanye daerah (TKD) pasangan Jokowi-Ma’ruf itu menyapa warga di daerah Sukolilo.

Ketua DPC Gerindra Surabaya Bagio Fandi Sutadi ikut mendamping­i. Termasuk Miratul Mukminin alias Gus Amik, ketua tim pemenangan Machfud. Dalam pertemuan itu, banyak warga yang mengeluhka­n soal distribusi air dan surat tanah.

Machfud mengatakan, masalah terkait distribusi air sangat bergantung pada jaringan pipa di daerah tersebut. Sejauh ini pemasangan jaringan pipa PDAM memang belum merata. Masih ada beberapa daerah yang belum terjangkau air bersih. ’’Nah, itu seharusnya bisa diatasi dengan penambahan jaringan,’’ katanya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia